IMG_5088

Pada hari Selasa, 04 Februari 2014, Institut Teknologi Del (IT Del) secara resmi menerima hibah aset Negara, yaitu berupa satu unit teropong bintang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Indonesia. Teropong bintang yang diserahkan oleh pemerintah ini merupakan teropon gbintan gpertama dan satu-satunya di Provinsi Sumatera Utara.

Acara serah terima teropong bintang dilakukan secara resmi oleh yang mewakili KEMENDIKBUD yaitu Staf Ahli Teropong Bintang dari ITB sekaligus Pembina Olimpiade Astronomi, Dr. Chatief Kunjaya kepada Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih, MT. Turut menjadi saksi dalam acara serah terima yaitu Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi Sumatera Utara, August Sinaga, S.Pd, SST dan Ketua Pengurus Yayasan Del, Ir. PatuanSimatupang, MCRP. Acara penandatanganan berita acara serah terima juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Del Cabang Sumatera Utara, Partumpuan Naiborhu, WakilRektor IT Del, Kepala SMA Unggul Del, dan perwakilan guru SMA Unggul Del.

Staf ahli teropong bintang ITB sekaligus Pembina OlimpiadeAstronomi, yang dalam kesempatan tersebut mewakili KEMENDIKBUD, Dr. Chatief Kunjaya dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada IT Del yang berhasil menerima hibah pengalihan aset teropong bintang KEMENDIKBUD ini. Chatief Kunjaya menyampaikan dengan adanya teropong bintang ini diharapkan pelajar-pelajar, khususnya di Sumatera Utara dapat memanfaatkan fasilitas yang ada. Dengan adanya fasilitas teropong bintang ini diharapkan mulai tahun 2014 para pelajar dari Sumatera Utara dapat bersaing di olimpiade sains tingkat nasional khususnya di bidang astronomi.

Menerima hibah teropong bintang ini tentu merupakan suatu kegembiraan bagi IT Del. Ungkapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait disampaikan oleh Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih dan Ketua Pengurus Yayasan Del, Ir. Patuan Simatupang. Dalam sambutannya, Rektor IT Del menyampaikan bahwa IT Del siap melaksanakan program untuk merubah pola pikir para pelajar agar lebih berminat kepada penelitian-penelitian ilmiah. Ditambahkan juga bahwa IT Del akan membuat program-program untuk menarik minat pelajar agar tertarik untuk melakukan penelitian yang dimulai dari penelitian-penelitian kecil khususnya di bidang astronomi.

IMG_5127
Dalam kesempatan ini, KABID DIKMENTI, August Sinaga, S.Pd, SST menyampaikan kekagumannya terhadap kondisi lingkungan dan fasilitas yang dimiliki oleh IT Del. Dalam sambutannya, dia berharap bahwa dengan adanya teropong bintang di IT Del akan dapat menjadikan IT Del sebagai tempat wisata pendidikan serta sumber belajar khususnya bidang astronomi. August Sinaga juga menyampaikan bahwa pola pikir pelajar masa kini harus mulai di ubah. Pelajar yang hobi mengakses situs-situs jejaring sosial harus lebih diarahkan kearah pengetahuan ilmiah. Disampaikan juga bahwa minat minim. Dengan adanya teropong bintang di IT Del diharapkan dapat merubah kondisi ini, yaitu para pelajar mempunyai fasilitas untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang sains, khususnya bidang astronomi. August Sinaga menyampaikan harapannya agar kedepan, IT Del dapat menjadi mitra Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara untuk memfasilitasi sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Sumatera Utara dalam hal pelaksanaan penelitian di bidang sains, khususnya dalam bidang-bidang astronomi, komputer, matematika, dan fisika.

Di akhir acara, semua peserta yang hadir menggunakan teropong bintang untuk melakukan pengamatan bersama yang ditujukan untuk mengamati �nodahitam� matahari. Selamatkepada IT Del.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di:www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del