_DSC0206
PT. Kinema Systrans Multimedia merupakan industri multimedia yang bergerak di bidang animasi yang memiliki studio animasi terbesar di Asia Tenggara. PT. Kinema ini berlokasi di kawasan Nongsa, Batam. PT. Kinema didirikan pada tahun 2005 dan didukung oleh 250 tenaga artis dimana 95%-nya berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

Dalam rangka penyusunan kurikulum di Institut Teknologi Del (IT Del) khususnya Program Studi Teknik Informatika bidang multimedia, pada hari Jumat tanggal 25 Januari 2014, tim IT Del mengunjungi langsung PT. Kinema Systrans Multimedia. Kunjungan ini diikuti oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih, MT, Wakil Rektor I IT Del Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Arlinta Christy Barus, S.T, M.InfoTech, Wakil Rektor III Bidang Inovasi dan Pengembangan Deni P. Lumbantoruan, S.T, M.Eng dan staf IT Del Ade C.I. Simamora.

_DSC0197

Rombongan IT Del disambut langsung oleh Direktur Teknikal PT. Kinema Daniel Harjanto. Dalam pertemuan ini ada beberapa hal yang dapat diterapkan pada kurikulum di IT Del khususnya untuk program studi Teknik Informatika. Beberapa hal yang dapat dicatat dari kunjungan di PT Kinema yaitu:
1. Prinsip teknologi dan kesenian tidak dapat dipisahkan, dalam istilah lain “Art challenges Technology, Technology inspires Art”.
2. Tahap pembuatan animasi terdiri dari satu siklus yaitu: mulai dari asset assessment, storyboard, modeling, rigging, texturing, animation, rendering sampai kepada sebuah film animasi selesai dikerjakan. Tahapan ini tidak dapat dipisah-pisahkan, dan di setiap tahapannya membutuhkan sentuhan teknologi.
3. Meskipun User Interface/User Experience (UI/UX) bukan merupakan core dari PT. Kinema, namun tim IT Del mendapatkan beberapa hal penting dalam belajar UI/UX di computer gaming maupun web designing, di antaranya adalah perlunya belajar Nirmana untuk meningkatkan intuisi pribadi dan pentingnya belajar UI/UX sebagai solusi kenyamanan user untuk menggunakan aplikasi.

Dalam kesempatan ini juga, tim IT Del banyak bertukar pikiran dengan tim dari PT Kinema tentang kurikulum yang akan diterapkan pada Program Studi Teknik Informatika bidang multimedia digital di IT Del. Pihak PT. Kinema sangat menanggapi rencana tersebut dengan positif dan bersedia memberikan bantuan demi terwujudnya program tersebut.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del