_DSC0218

Mulai 1 Januari 2014 Pemerintah akhirnya meluncurkan sebuah program ‘asuransi massal’ bagi masyarakat Indonesia dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). BPJS yang diresmikan adalah BPJS kesehatan dan BPJS ketenaga kerjaan. BPJS kesehatan merupakan transformasi dari PT Askes sedangkan BPJS ketenaga kerjaan merupakan transformasi dari PT Jamsostek.

Untuk mendukung program ini, pada hari Selasa 28 Januari 2014 Institut Teknologi Del (IT Del) mengadakan sosialisasi BPJS Kesehatan. Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh dosen/staf IT Del, Guru/staf SMA Unggul Del dan karyawan Yayasan Del Cabang Sumatera Utara. Sosialisasi BPJS Kesehatan ini disampaikan langsung oleh Kabag Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar M. Syafriadi dibantu oleh 4 orang tim BPJS lainnya. Sosialisasi ini dibuka langsung oleh WakilRektor III IT Del Deni P. Lumbantoruan.

Dalam sosialisasi tersebut M. Syafriadi menyampaikan bahwa peserta BPJS Kesehatan adalah setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia. Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan. Bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui Program Bantuan Iuran (PBI). Dengan demikian pada tahun 2019 diharapkan seluruh penduduk Indonesia sudah menjadi peserta BPJS.
_DSC0224
M. Syafriadi juga menjelaskan secara detail bagaimana cara menjadi anggota BPJS, berapa iuran yang ditanggung dan kualifikasi fasilita skesehatan ap asaja yang ditanggung BPJS. Sosialisasi yang berlangsung kurang lebih 1 jam ini cukup mengundang antusias seluruh peserta yang hadir. Di akhir acara peserta banyak mengajukan pertanyaan seputar jaminan kesehatan yang disampaikan oleh tim BPJS tersebut.

Setelah semua penjelasan tentang jaminan kesehatan ini jelas disampaikan oleh M. Syafriadi beserta timnya acara pun ditutup kembali oleh Wakil Rektor III IT Del Deni P. Lumbantoruan. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim BPJS Cabang Pematang Siantar karena melalui sosialisasi tersebut para peserta yang hadir dapat mengerti dengan jelas keuntungan dari program BPJS tersebut.
Semoga jaminan kesehatan oleh BPJS sebagai program nasional dapat terlaksana dengan baik.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del