_DSC0078

Microsoft kembali menggelar kompetisi Imagine Cup yang merupakan kompetisi terbesar di dunia oleh Microsoft bagi mahasiswa di bidang teknologi. Pada Tahun ini Microsoft menawarkan program Wild Card untuk IT Del yang artinya program Wild Card ini menyediakan kepastian 1 (satu) tempat di Semi Final Imagine Cup 2014 Indonesia bagi perwakilan IT Del. Sejauh ini terdapat 7 tim dari IT del, 6 tim mengikuti kategori Games dan 1 tim mengikuti kategori Word Citizenship.

Pada hari Jumat 10 Januari 2014, Institut Teknologi Del menyelenggarakan Semifinal imagine Cup Wildcard program bagi seluruh tim yang ikut bekompetisi. Dari keseluruhan tim yang mengikuti program ini, akan disisakan 3 tim terbaik dari setiap kategori dan berhak mengikuti seleksi final yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2014. Pada seleksi final, hanya disisakan 1 tim yang akan dikirim mengikuti Semifinal Imagine Cup di Jakarta.

Tim Juri terdiri dari Rektor IT Del. Prof Roberd Saragih MT; Wakil Rektor 1 bidang Kemahasiswaan dan Akademik Arlinta Christy Barus; Wakil Rektor 3 bidang Inovasi, Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat Deni P. Lumbantoruan; Dosen IT Del Humasak T.A Simanjuntak dan Albert Sagala. Semifinal dilakukan pada pukul 10:00 WIB hingga 17: 20 WIB. Seleksi berlangsung cukup ketat dan setiap tim diberi waktu sekitar 60 menit untuk mempresentasikan pencapaian dan ide aplikasi yang telah dikembangkan serta video pengembangan aplikasi. Tim juri tidak hanya menilai aplikasi setiap tim, namun ikut memberi semangat dan saran yang membangun pada setiap tim dalam pengembangan aplikasinya. “Game yang baik , tidak hanya menarik namun harus dapat membuat pemainnya penasaran dan igin mengulang terus menerus ” komentar bapak Albert Sagala kepada salah satu tim.

Hasil seleksi Semifinal Wild Card diumumkan keesokan harinya para Sistem Informasi Akademik Institut Teknologi Del. Seluruh tim yang telah berpartisipasi akan mendapatkan sertifikat dari IT Del yang bekerjasama dengan Microsoft dalam kompetisi tersebut. Berdasarkan kriteria-kriteria yang diminta oleh Official Microsoft Indonesia maka Tim juri memilih 4 tim yang mewakili kedua kategori untuk melanjut ke Final.

Tim yang berhak adalah:
I. Games Category

1. New Eleven Del ( Jonathan Tambun, Holong S, Leo Marbun & Binsar Siahaan ) dengan mengangkat tema lingkungan hidup yang menggunakan ikan pora-pora sebagai karakter utama dalam game.

2. Halak Hita ( Steven Siahaan, Imanuel Pardosi, Jonathan Siahaan, Condrad Siahaan ) dengan mengangkat seekor tikus bernama mochi sebagai karakter utama dalam game.

3. Sisingamangaraja ( Aly Samosir , Laurensius Lubis, Marthin Pakpahan & Fernando Simbolon ) dengan game yang mengajarkan anak-anak untuk tidak takut kepada hantu.

II. World Citizenship Category
Indepen Del ( Rowlastri Sitanggang, Alfin Situngkir, Sitta Simanjuntak, Kristopel Lbn) membangun aplikasi untuk merawat kesehatan mata.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del