1 5

Dalam rangka mempersiapkan tim Institut Teknologi Del (IT Del) menyambut Microsoft Imagine Cup 2014, pada hari Sabtu dan Minggu, 23 dan 24 November 2013 diselenggarakan Seminar dan Workshop Windows 8 di kampus IT Del. Imagine Cup merupakan sebuah kompetisi bergengsi taraf internasional bagi mahasiswa yang diadakan oleh Microsoft setiap tahun. Perlu disampaikan bahwa pada tahun 2014 nanti, IT Del dipilih oleh Microsoft Indonesia memperoleh program wild card. Program wild card ini memungkinkan salah satu perwakilan IT Del akan langsung mengikuti tahap Semifinal Imagine Cup 2014 di Jakarta.
Seminar dan Workshop Windows 8 yang diikuti sekitar 40 orang mahasiswa dibuka langsung oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih, MT. Sementara itu, untuk pelaksanaan seminar dan workshop, pihak Microsoft mengutus developer and platform evangelist Yugie Nugraha sebagai trainer.
Workshop sesi I ( pada hari Sabtu ), trainer memberi kiat-kiat khusus kepada peserta workshop untuk dapat lolos ke Semifinal Imagine Cup 2014 di Jakarta, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi terbaru Microsoft. Trainer juga memberi materi platform pengembangan Windows 8 dan pembuatan game sederhana dengan menggunakan construct yang siap untuk diexport menjadi aplikasi Windows 8.
Workshop sesi II (pada hari Minggu) peserta disuguhi materi mengenai pembangunan aplikasi sederhana Windows 8, teknik menggunakan komponen dalam pembangunan aplikasi. Dalam sesi ini juga, peserta yang begitu antusias diberikan tantangan untuk pembuatan apklikasi menu makanan (Food Service) di Windows 8. Tidak hanya sekedar memberikan materi, trainer juga memotivasi mahasiswa IT Del untuk lebih giat dan matang dalam kompetisi. Yugie juga memberi petunjuk bagaimana aplikasi yang telah dibangun dapat diunggah dan dapat diunduh oleh orang lain sehingga peserta mendapat penghasilan dari biaya aplikasi yang diunduh oleh pihak lain tersebut.
Yugie Nugraha menyatakan mahasiswa IT Del sudah memiliki 3 hal penting dalam kompetisi yaitu kemauan, semangat dan disiplin. Di akhir acara, Yugie menyampaikan harapan dan dukungan kepada tim IT Del agar dapat lolos dari Semifinal Imagine Cup 2014 dan menjadi utusan Indonesia di Imagine Cup 2014 di Seatlle USA. Sukses untuk tim IT Del!

Foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del