_DSC0247

Pada hari Sabtu, 23 November pukul 09.00 WIB, Gubenur DKI Jakarta Ir. H. Joko Widodo atau lebih dikenal dengan sebutan Jokowi tiba di Bandara Silangit, Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara untuk memenuhi undangan Yayasan Del dan Institut Teknologi Del (IT Del) untuk memberikan Kuliah Umum di kampus IT Del yang berlokasi di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Dalam perjalanannya menuju kampus IT Del, Jokowi menyempatkan diri menyapa masyarakat Balige dan Laguboti. Meskipun tujuan kunjungan Jokowi untuk memberikan kuliah umum di IT Del, namun tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Tobasa yang tahu kabar tentang kehadiran Jokowi di Tobasa sangat antusias dalam menyambut kedatangan Jokowi di sepanjang jalan Kota Balige dan Laguboti.

Setibanya di kampus IT Del, Jokowi beserta rombongan langsung disambut Rektor IT Del, Prof. Roberd Saragih, MT, para wakil rektor, seluruh civitas IT Del dan tamu undangan dari berbagai daerah dan instansi yang telah hadir sebelumnya. Dengan didampingi oleh Wakil Rektor I IT Del, Dr. Arlinta Christy Barus, ST. M.Infotech, Jokowi langsung berkeliling seputar kampus IT Del untuk meninjau fasilitas IT Del berupa fasilitas laboratorium, ruang kelas dan juga melihat karya-karya mahasiswa IT Del. Di akhir acara tour kampus, tepatnya di ruang Lab. Bahasa IT Del, Jokowi mendengarkan presentasi seputar IT Del yang disampaikan langsung oleh Rektor IT Del.

Usai acara tour kampus dan mendengarkan presentasi tentang IT Del, Jokowi beserta rombongan memasuki auditorium IT Del yang telah dipenuhi ratusan mahasiswa dan tamu undangan. Jokowi disambut dengan iringan lagu Batak oleh Paduan Suara Mahasiswa IT Del. Kehadiran Jokowi sangat mengundang antusias Mahasiswa IT Del.

Dalam kuliah umumnya, Jokowi memulai dengan bercerita tentang pengalaman masa kecil sampai lulus dari kuliah. Dia menceritakan pengalamannya tinggal di pinggir kali, dan karena tinggal di pinggir kali, keluarganya sampai mengalami empat kali penggusuran. Dalam ceritanya, dia menekankan kepada mahasiswa dan semua yang hadir bahwa kehidupan yang keras mendidiknya untuk belajar dan bekerja lebih keras agar bisa memenangkan persaingan yang ketat.

Setelah bercerita tentang pengalaman pribadi dari sejak kecil, Jokowi kemudian menceritakan pengalaman-pengalamannya setelah menjadi Gubernur Ibu Kota Negara Indonesia. Dia menyampaikan program-program yang sudah dilakukan oleh pemda Jakara, di antaranya program yang mencakup masalah pedagang kaki lima, kartu Jakarta sehat, karta Jakarta pintar, usaha mengatasi kemacetan, masalah mengatasi pemukiman kumuh, dan lain-lain. Dalam kesempatan ini Jokowi menyampaikan bahwa aksi blusukan yang sering dilakukannya adalah bertujuan untuk mengetahui secara langsung persoalan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga dengan mengetahui persoalan secara langsung, pemimpin dapat mengambil keputusan secara tepat. Dia menambahkan bahwa seorang pemimpin harus mampu mengambil keputusan dengan cepat, tanpa mengabaikan faktor resiko dari keputusan yang diambil. Dan satu hal yang juga ditekankannya adalah bahwa seorang pemimpin tidak hanya cukup mempunyai kemampuan, tetapi harus mempunyai mata nurani. Pemimpin harus memahami persoalan yang ada di sekelilingnya, memahami persoalan dari orang-orang yang dipimpinnya, dan kemudian mampu mengambil keputusan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh lingkungan dan orang-orang yang dipimpinnya tersebut.

Setelah memberikan kuliah umum dan sesi tanya jawab dengan mahasiswa, di akhir acara, IT Del menyerahkan cendera mata berupa jas almamater, ulos dan plakat kepada Jokowi. Cendera mata ini diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut B. Pandjaitan, MPA didampingi rektor IT Del Prof. Roberd Saragih, MT dan Wakil Rektor III IT Del, Deni Lumbantoruan. Di akhir acara, Jokowi menyempatkan diri berfoto bersama mahasiswa IT Del dan undangan lainnya. Tepat pukul 13.00WIB Jokowi bersama Ketua Dewan Pembina Yayasan Del Bapak Luhut B. Pandjaitan dan rombongan lainnya bertolak dari kampus IT Del menuju bandara Silangit untuk selanjutnya terbang ke Jakarta.

(Foto-Foto dapat diakses di Facebook Institut Teknologi Del)