2

Mahasiswa Institut Teknologi Del yang aktif dalam Del English Club (DEC) disupervisi oleh UPT Bahasa IT Del mengadakan kompetisi debat dalam bahasa Inggris Del Debate Championship (DDC) 2024. Kompetisi ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada setiap hari Sabtu berturut pada tanggal 2 dan 9 Maret 2024 sebagai Preliminary Round, serta pada 16 Maret 2024 sebagai Final Round di gedung Auditorium IT Del.  Dua orang Dosen IT Del, yaitu Monalisa Pasaribu, S.S., M.Ed (TESOL) dan Guntur Petrus Boy Knight, S.T., M.T. menjadi tim juri dalam sesi final.

Kompetisi debat ini diadakan dengan mengikuti aturan sistem British Parliamentary. Dalam kompetisi ini terdapat 8 tim dari setiap program studi (prodi) yang terdiri atas 2 orang Debaters dan 1 orang N1 sehingga secara total ada 24 orang peserta. Kompetisi ini memiliki 3 kategori pemenang, yaitu Best Debater yang dimenangkan oleh Kevin Samosir dan Jusas Tampubolon dari Prodi Sarjana Sistem Informasi, Best Speaker dimenangkan oleh Boas Manurung dari Prodi Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak, serta Best N1 dimenangkan oleh Guntur Sinaga dari Prodi Sarjana Informatika.

1

Kompetisi ini dibuka dan ditutup secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bapak Dr. Johannes Harungguan Sianipar, S.T., M.T. Beliau menyampaikan bahwa kompetisi debat ini merupakan suatu kesempatan yang sangat bagus bagi para peserta untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi, menyampaikan ide, gagasan, serta respon terhadap suatu isu yang sedang diperdebatkan dengan etika yang baik dalam bahasa Inggris. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan logis juga dapat didemonstrasikan melalui kegiatan debat tersebut. Mahasiswa juga diajak untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi serta rasa menghargai satu sama lain.

Setelah kompetisi ini selesai, mahasiswa IT Del diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan berpikir kritis yang lebih baik disertai dengan etika yang baik pula. Terima kasih atas dukungan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kompetisi ini.