WhatsApp Image 2024-03-07 at 16.58.05

Program Studi S1 Teknik Bioproses (TB) IT Del mengadakan kuliah umum pembekalan Kerja Praktik (KP) pada hari Rabu, 6 Maret 2024. Pemateri pada sesi ini adalah Fenni R. Turnip, alumni Prodi TB Angkatan 2016. Fenni saat ini berkarir sebagai R&D (Research and Development) Specialist di PT Jobubu Jarum Minahasa, yang bergerak di industri alkohol.

Fenni menjelaskan manfaat KP untuk mahasiswa TB dalam pengembangan dan pengaplikasian skill dan pengetahuan mereka untuk pemecahan masalah yang ditemukan dalam industri. Fenni menekankan bahwa skill dan pengetahuan yang didapat dari kampus melalui matakuliah yang diajarkan di Prodi TB sangat berhubungan dengan dunia industri. Contohnya, dari matakuliah Perancangan Pabrik, Fenni mampu mendesain suatu proses produksi dari awal sampai akhir. Di akhir materinya, Fenni menyampaikan bahwa lulusan Teknik Bioproses memiliki banyak peluang seperti di bidang optimasi fermentasi, mendesain bioreaktor, scale- up proses dan Quality Control, efisiensi energi, pengembangan produk baru, dan yang lainnya.

WhatsApp Image 2024-03-07 at 17.00.11  WhatsApp Image 2024-03-07 at 16.58.36

Sesi ini ditutup oleh Dekan Fakultas Bioteknologi, Ibu Merry M. Martgrita. Beliau menyampaikan secara singkat tentang bio-based industry yang menjadi trend masa depan, sehingga sumber daya manusia lulusan teknik bioproses yang banyak dibutuhkan perlu dipersiapkan sejak sekarang.

Melalui sesi ini, mahasiswa yang akan berangkat KP diharapkan menjadi lebih siap, dan mahasiswa angkatan lainnya menjadi lebih terinspirasi dan semangat dalam perkuliahan mereka.