DSC02166

Institut Teknologi Del berperan sebagai host dalam International Conference on Telecommunications (ICT) untuk edisi yang ke-29. ICT merupakan konferensi yang berfokus pada kemajuan dan penelitian terkini dalam bidang telekomunikasi. Konferensi ini berlangsung pada tanggal 8-9 November 2023 berlokasi di Toba, Indonesia. Sedikitnya terdapat 40 paper dari peneliti-peneliti yang berasal dari 6 negara turut berpartisipasi dalam konferensi ini.

DSC_0185  DSC_0074

Konferensi ICT ke-29 kali ini membawakan tema “Next-generation telecommunications for digital inclusion and universal access” dengan harapan para peneliti mampu memberikan dan juga bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah telekomunikasi pada era ini yang kedepannya dapat berguna bagi dunia industri ataupun kepentingan masyarakat.

Rangkaian acara dimulai dengan penyuguhan seni musik, tari dan gitar dari UKM Institut Teknologi Del (PSM, PGM, dan PTM). Kemudian diikuti menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kemudian dibuka melalui Opening Speech dari General Chair ICT 2023, Bapak Deni Parlindungan Lumbantoruan S.T., M.Eng., Ph.D. Kemudian dilanjutkan welcoming speech oleh rektor Institut Teknologi Del, Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T., M.InfoTech.

DSC_0028  IMG_9229

Pada konferensi ini turut hadir (online) sebagai Keynote Speaker Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D. Beliau merupakan seorang Kepala Departemen Remote Sensing dan juga lulusan dari Chiba University. Keynote Speaker kedua yang turut hadir (online) adalah Dr Yansha Deng, seorang Senior Lecture dalam bidang Engineering di King’s College London, United Kingdom. Serta Keynote Speaker ketiga yang turut hadir di tempat Syarbeni, seorang Cyber Security and Privacy Officer (CSPO) dari Huawei Indonesia.

Konferensi ini juga menghadirkan Prof. Jaiprakash Verma, seorang Associate Professor di Nirma University, India, dalam acara technical session. Beliau melakukan sharing, transfer knowledge terhadap penelitian yang telah dibuatnya sebelumnya.

DSC02069  DSC_0098

Dalam penutupan acara, diumumkan paper terbaik (Best Paper) dan presenter terbaik (Best Presenter) untuk ICT edisi ke-29. Kemudian memberikan cinderamata kepada keynote speaker yang hadir di tempat.

DSC_0153  DSC02113

DSC02156  IMG_9401