_DSC0232Pada tahun 2013, Politeknik Informatika Del (PI Del) kembali bekerjasama dengan Czech University of Life Sciences (CULS) Praha, Republik Ceko untuk mengadakan kegiatan Summer School. Kegiatan Summer School yang berlangsung pada periode tanggal 16 Juli � 3 Agustus 2013 berlangsung di kampus PI Del di desa Sitoluama, Laguboti. Delegasi dari PI Del dipimpin oleh koordinator pelaksana kegiatan Summer School, yaitu Bapak Kisno Shinoda dan Bapak Roy Deddy Hasiholan Lumban Tobing, sedangkan delegasi dari CULS dipimpin oleh Doc. Ing. David Her�k, Ph.D. didampingi oleh dua dosen pendamping. Untuk peserta mahasiswa, PI Del diwakili oleh empat orang mahasiswa, sementara CULS diwakili 16 orang mahasiswa.

Selama mengikuti kegiatan Summer School, mahasiswa CULS melakukan pembelajaran budaya, khususnya budaya Indonesia secara umum, budaya Batak, serta kehidupan berasrama di kampus PI Del. Peserta juga diajak mengunjungi pusat pariwisata di sekitar kampus PI Del, seperti Museum Batak dan TB Silalahi Center Balige, Taman Eden Lumban Julu, Pemandian Air Panas Sipoholon, Agroihutan Pagar Batu, Kopi Luwak Lintong, Tele, Pangururan, Tele, Tomok, Parapat. Selain itu, peserta juga berkesempatan mengunjungi CV. Hutahaean, perusahaan lokal yang memproduksi tepung tapioka.

Selain kegiatan tersebut, mahasiswa CULS diberi tugas penelitian tentang industri pertanian di sekitar dataran tinggi Toba. Dibantu oleh mahasiswa PI Del, mereka melakukan observasi ke daerah pertanian dan survei ke petani-petani tradisional yang berada di sekitar kampus PI Del. Pada proses, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Batak digunakan sebagai media komunikasi.

Pada acara penutupan Summer School 2013 yang juga bersamaan dengan acara pelantikan siswa baru SMA Unggul Del ini, mahasiswa CULS yang diwakili oleh Libuse Valesova menyatakan bahwa pengalaman selama Summer School adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Semoga ke depannya, Summer School PI Del dan CULS dapat diadakan kembali.

ddd9