_O2A1095

Sitoluama, 22 September 2023 Institut Teknologi Del menyelenggarakan Acara Pengukuhan Mahasiswa Baru Angkatan XXIII dan Dies Natalis ke XXII. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan Del, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan dan Ibu Devi Pandjaitan, Ketua Pengurus Yayasan Del, Ibu Intan Simanjuntak, Rektor IT Del Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T., M.InfoTech, Senat akademik Prof. Roberd Saragih, Ketua supervisor Habibie Center Ilham Akbar Habibie, Dirjen Kekayaan Negara Rionald Silaban, CEO PT. Privy Marshall Pribadi, Wakil Ketua CNGR Internasional Fu Peiwen, bersama orang tua mahasiswa dan para undangan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Yayasan Del.

B (4099)  B (4186)

Sebagai pembuka, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Johannes Harungguan Sianipar, S.T., M.T mewakili panitia penerimaan mahasiswa baru melaporkan bahwa jumlah mahasiswa baru yang dikukuhkan sebanyak 483 mahasiswa, yang terdiri dari DIII Teknologi Infomasi 60 mahasiswa, DIII Teknologi Komputer 51 mahasiswa, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak 98 mahasiswa, S1 Informatika 55 mahasiswa, S1 Sistem Informasi 51 mahasiswa, S1 Teknik Elektro 37 mahasiswa, S1 Manajemen Rekayasa 62 mahasiswa, dan S1 Teknik Bioproses 34 mahasiswa.

Rektor IT Del, Bapak Arnaldo Marulitua Sinaga pada paparannya menyampaikan rencana induk pengembangan institusi yang saat ini berada pada fase Excellent Learning dan Research Institute yang sejalan dengan tema hari ini yaitu “Fostering Collaboration and Innovation Towards Research Excellence”. Beliau juga menyampaikan bahwa akan adanya kampus dua IT Del di area TSTH2 (Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura) yang berada di Pollung, Humbang Hasundutan. Dengan hadirnya kampus dua IT Del di area TSTH2 diharapkan akan semakin mendukung pembelajaran – pembelajaran berbasis riset dan penelitian – penelitian unggul yang hendak disampingkan.

 B (5005)  B (6041)

Dilanjutkan dengan kata Sambutan dari Ketua Dewan pembina The Habibie Center Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A. Beliau menyampaikan mengenai pentingnya Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat. Beliau menekankan pentingnya Sumber Daya Manusia yang unggul dengan penguasaan dan penerapan IPTEK. Beliau berkata bahwa suatu negara tidak bisa maju, berdaulat dan menjadi berkedaulatan jika tidak bisa menguasai IPTEK.

Sesuai dengan tema Pengukuhan Mahasiswa Baru “Fostering Collaboration and Innovation Towards Research Excellence” yang berarti terus berkolaborasi dan berinovasi hingga menjadi institut penelitian terbaik, sehingga pada kesempatan ini dilakukan Penandatanganan MoU IT Del dengan PT. Privy Identitas Digital, PT Mayora Indah Tbk., Yayasan Satriabudi Dharma Setia, CNGR Advanced Material Co. Ltd disaksikan oleh Bapak Luhut Binsar Pandjaitan dan Ibu Intan Simanjuntak.

_O2A1641  B (4439)

Pada kesempatan ini Bapak Rionald Silaban selaku Direktoran Jenderal Kekayaan Negara Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa Indonesia tetap disiplin dalam menjalankan perkonomian, disiplin dan tata kelola adalah kunci sebagai pemenang sebagaimana kita hidup sehari – hari.

Dihari yang sama, dirayakan juga Dies Natalis Institut Teknologi Del ke XXII. IT Del didirikan oleh Bapak Luhut Binsar Pandjaitan pada tanggal 15 Maret 2001 di Desa Sitoluama karena adanya keinginan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat pedesaan dapat menikmati pendidikan yang berkualitas, sehingga perlu sekolah yang berkualitas untuk mempersiapkan masa depan Indonesia yang lebih baik. Selamat Ulang Tahun IT Del !!!

_O2A1763  _O2A1242

Diakhir kegiatan, Bapak Luhut Pandjaitan  memaparkan bahwa dalam satu dekade terakhir, ekonomi Indonesia mengalami transformasi, pasca pandemi ekonomi Indonesia tumbuh kuat, didukung salah satunya oleh hilirisasi sumber daya alam. Beliau juga menyampaikan bahwa tantangan kedepan yang dihadapi oleh dunia termasuk perubahan iklim yang memburuk, ketidaksetaraan ekonomi yang semakin tajam, dan ketidakstabilan geopolitik. Solusi-solusi inovatif dan kerjasama global akan menjadi kunci dalam mengatasi tantangan ini. Pengembangan SDM yang berkualitas, terampil, dan berpengetahuan juga sangat penting untuk akselerasi ekonomi Indonesia. Beliau berharap kedepannya Institut Teknologi Del dapat menjadi salah satu kontributor SDM berkualitas bagi Indonesia.

_O2A1252