DSC_0171

Dosen dan mahasiswa Institut Teknologi Del (IT Del) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Computational Thinking: Unplugged Activities.”, yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Yayasan Del pada tanggal 02 September 2023. Kegiatan PkM ini merupakan salah satu program Biro Bebras IT Del sebagai perwakilan Bebras Indonesia untuk mendukung diseminasi Computational Thinking (CT) kepada masyarakat, terutama siswa dan siswi sekolah. Pada kegiatan kali ini diselenggarakan oleh dosen IT Del yang diketuai oleh Eka Stephani Sinambela, S.ST, M.Sc (Prodi D3 Teknologi Komputer), bersama dengan tim dosen yang terdiri dari Mario E. S. Simaremare, S.Kom., M.Sc. (Prodi S1 Sistem Informasi), Samuel Indra Gunawan Situmeang, S.T.I.,M.Sc (Prodi S1 Sistem Informasi), dan Sari Muthia Silalahi, S.Pd., M.Ed (Prodi D3 Teknologi Komputer).

DSC_0448  DSC_0451

Kegiatan PkM ini merupakan bentuk kontribusi nyata institusi pendidikan tinggi untuk menyejahterakan masyarakat melalui pengamalan ilmu pengetahuan yang didukung oleh IT Del melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IT Del. Dengan menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Toba sebagai mitra PkM yang akan mengirimkan 100 lebih  peserta didik SD dan SMP. Untuk mengawali acara, Rektor IT Del, Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T, M.InfoTech, Ketua LPPM IT Del, Bapak Albert Sagala, S.T, M.T, serta Pelaksana Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba, Bapak Wajon Sirait, S.Pd, M.Si. telah memberikan kata sambutan untuk membuka kegiatan PkM secara resmi.

DSC_0497  DSC_0299

Agenda aktivitas belajar yang diberikan kepada siswa SD dan SMP didesain dalam bentuk menarik dan menyenangkan. Siswa dan siswi diajak untuk berpikir melalui kegiatan tanpa listrik (Unplugged Activities) dengan menggunakan alat peraga berwujud yang bisa didapatkan disekitar mereka, seperti alat tulis, kertas, pita, kertas origami dan sebagainya. Computational Thinking (CT): unplugged activities disalurkan melalui enam jenis kegiatan yang mempelajari topik pada sekitar bidang ilmu computer science, seperti konversi teks menjadi Binary Digits (Bits) 1 atau 0 pada komputer, permainan defragmentasi yang menggunakan kartu untuk mensimulasikan cara kerja hardisk untuk menyusun sektor yang telah terisi file atau pun sektor yang masih kosong agar tersusun dengan benar, dan kegiatan lainnya. Selama aktivitas berlangsung, siswa dan siswi didampingi oleh instruktur sebagai observator untuk memperhatikan dan mengarahkan siswa dan siswi dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan.

DSC_0379  DSC_0377

Sebelum acara pelatihan ditutup, tim Bebras IT Del juga mengambil kesempatan dalam kegiatan ini untuk mengadakan simulasi Bebras Challenge sebagai pemantik minat siswa/siswi untuk mengikuti kompetisi Bebras yang akan diselenggarakan pada bulan November 2023. Siswa/siswi berlatih secara langsung untuk menjawab soal-soal Bebras Challenge yang telah dikemas dengan menarik dan sudah mengandung konsep CT sehingga mempermudah siswa/siswi memahami persoalan. Siswa/siswi memberikan respon positif dan juga menikmati proses belajar yang menyenangkan meskipun tanpa bantuan teknologi. Hal ini sangat tercermin dengan slogan Biro Bebras IT Del yang telah diperkenalkan kepada siswa/siswi yaitu “CT Fun… Jadi Pandai!!!”

DSC_0370  DSC_0447