1 (1)

Tim Institut Teknologi Del yang terdiri atas Dr. Johannes Sianipar, S.T., M.T. (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Humasak Simanjuntak, ST., M.ISD (Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, dan Kewirausahaan), Dr. Merry Meryam Martgrita,  S.Si., M.Si. (Dekan Fakultas Bioteknologi) dan Deni Lumbantoruan, S.T, M.Eng, Ph.D (Dosen Fakultas Informatika dan Teknik Elektro) melakukan kunjungan kerja untuk inisiasi kerjasama dengan  Universitas Udayana dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), selama dua hari (31 Agustus – 1 September 2023). Kunjungan ini dilakukan setelah tim IT Del mengikuti kegiatan graduation event Pelatihan Happy Digital X: Cities, System, Products and Services.

2 (1)  3 (1)

Kunjungan Tim IT Del ke Universitas Udayana disambut dengan baik oleh Bapak I Wayan Gede Astawa Karang, PhD., mewakili Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana, di Kampus Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Badung, Bali. Pada pertemuan ini, dihasilkan beberapa rencana topik riset yang akan dilakukan oleh IT Del dan Universitas Udayana, meliputi:

1. Pemanfaatan teknologi remote sensing dan GIS untuk memantau kondisi fisik dan biodiversitas hayati Danau Toba.
2. Penelitian Carbon Tracking di Bali. Universitas Udayana telah melakukan penelitian terkait CO2 Emission pada tahun 2014/2015 yang meliputi transportasi, mobilitas. Universitas Udayana dapat menjadi potensial lokal partner terkait dengan kerjasama penelitian dengan MIT Connection Science Consortium
3. Riset kemampuan daya dukung Danau Toba sebagai lokasi budidaya perikanan.

4 (1)  5 (1)

Kunjungan di Bali dilanjutkan ke Kebun Raya Bali Bedugul, khususnya meninjau taman herbal “Taman Usada”, dan pertemuan dengan Prof. Dr. Wawan Sujarwo, peneliti senior Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi, di Kantor BRIN Jl. Raya Sesetan, Denpasar, Bali. Pada saat ini, IT Del dan BRIN telah melaksanakan beberapa kerjasama, khususnya penelitian yang terkait dengan Pengembangan Pusat Penelitian dan Inovasi TSTH2 di Kawasan KHDTK Litbang IT Del Pollung. Diskusi dengan Prof Wawan Sujarwo juga menghasilkan beberapa rencana kerjasama untuk penelitian, yaitu:
1. Konservasi hutan kemenyan di kawasan TSTH2.
2. Konservasi dan pengembangan kebun botani untuk tumbuhan yang masuk dalam kriteria Vulnerable hingga Extinct in the Wild, khususnya di Sumatera Utara.
3. Pengembangan hilirisasi minuman bermanfaat untuk kesehatan dari tumbuhan khas di Dataran Tinggi Toba.

6 (1)