DSC06776

Dalam rangka memeriahkan acara hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023, pada 24 Agustus 2023 diadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SMP/MTs/Sederajat dan SMA/SMK/MA/Sederajat se-Kabupaten Toba, Sumatera Utara yang dilaksanakan di Auditorium Institut Teknologi Del. Kegiatan ini diinisiasi oleh PT. Inalum melalui Persatuan Wanita Inalum (Perwina) dan bekerjasama dengan Institut Teknologi Del.

Gambar 1

LCC ini diikuti oleh 105 siswa SMP yang berasal dari 35 SMP/MTs/Sederajat dan sebanyak 57 siswa SMA yang berasal dari 19 SMA/SMK/MA/Sederajat se-Kabupaten Toba. Untuk mengikuti lomba ini, setiap sekolah mengirimkan satu tim yang terdiri dari tiga siswa dan didampingi oleh satu orang guru.

Gambar 2

Untuk jenjang SMP/MTs/Sederajat, bidang pelajaran yang dilombakan terdiri dari empat bidang ilmu yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Matematika, dan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat, bidang pelajaran yang dilombakan terdiri dari 5 bidang ilmu yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Pengetahuan Umum.

DSC06870  DSC06742

Kegiatan LCC dilaksanakan dalam dua tahap yaitu babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan, semua siswa mengikuti tes melalui e-course (sebuah platform pembelajaran online yang dimiliki oleh IT Del. Sebanyak 4 tim terbaik dari masing-masing jenjang SMP/MTs/ dan SMA Sederajat selanjutnya dipilih untuk dapat masuk kedalam babak final untuk memperebutkan juara 1, 2, 3, dan 4. Berikut ini adalah hasil 10 peringkat teratas babak penyisihan untuk tingkat SMP, dari sebanyak 35 sekolah dari babak penyisihan yaitu:

1 SMP Swasta Budhi Dharma Balige
2 SMP Swasta Bonapasogit Sejahtera
3 SMP Negeri 1 Porsea
4 SMP Negeri 1 Balige
5 SMP Negeri 4 Balige
6 SMP Negeri 1 Silaen
7 SMP Negeri 1 Uluan
8 SMP Negeri 4 Laguboti
9 SMP Negeri  1 Laguboti
10 SMP Negeri 1 Lumbanjulu

Sedangkan untuk tingkat SMA, berikut ini adalah hasil 10 peringkat teratas babak penyisihan dari sebanyak 19 sekolah:

1 SMA Negeri 2 Balige
2 SMAS Unggul Del
3 SMA Negeri1 Laguboti
4 SMA N 1 Uluan
5 SMA Negeri 1 Lumbanjulu
6 SMK Negeri 2 Balige
7 SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige
8 SMAN 1 Balige
9 SMA Negeri 1 Ajibata
10 SMA Negeri 1 Silaen

Babak final dilakukan dengan skema lomba cerdas cermat (LCC) yang terdiri dari 2 round. Round 1 merupakan bentuk soal wajib dan lemparan dan round 2 merupakan soal rebutan. Pada babak final ini, setiap tim berusaha menampilkan performa terbaiknya untuk menjadi yang terbaik sehingga kegiatan ini sangat meriah dan sangat menarik perhatian para audiens yang ada.

Pada lomba cerdas cermat kali ini, untuk jenjang SMP/MTs/Sederajat, juara I diraih oleh SMP Swasta Bonapasogit Sejahtera, diikuti oleh SMP Swasta Budhi Dharma Balige sebagai juara II. Untuk juara III didapatkan oleh SMP N 1 Balige dan juara IV diraih oleh SMP N 1 Porsea. Untuk jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat, juara I didapatkan oleh SMA Unggul Del, diikuti oleh SMA N 2 Balige. Juara III diraih oleh SMA N1 Lumban Julu dan juara IV diraih oleh SMA N 1 Laguboti.

DSC06977  DSC07053

Pada kegiatan ini turut hadir Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T., M.InfoTech (Rektor Institut Teknologi Del), Albert Sagala, S.T.,M.T (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), Daniel J.P Hutauruk (Senior Vice President, Pendukung dan Administrasi PLTA), F.Z Nando Purba, S.T,. M.Sc. Vice President, Operasi dan Bendungan PLTA), Rikardo Hutajulu,M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Toba), Perwakilan Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Utara, dan Tim Persatuan Wanita Inalum (Ibu Laily Munawarah, Ibu Veni Ariani, dkk). Kegiatan Lomba  ini juga dibarengi dengan seminar dan motivasi yang dibawakan oleh Inalum Daniel J.P Hutauruk dan F.Z Nando Purba dari pihak Inalum, dan Bapak Istas Manalu, S.Si.,M.Sc. dari IT Del.

DSC06772  DSC06761

DSC06744  DSC06757

Ketua Pelaksana kegiatan, Tahan Sihombing, M.AppLing (Dosen IT Del), mengatakan bahwa Kesuksesan acara ini tidak terlepas dari kolaborasi dan komunikasi yang baik antara PT. Inalum, Perwina dan Institut Teknologi Del dan berharap kegiatan dan kerjasama  serupa akan akan tetap dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya, kab. Toba. Wakil ketua kegiatan I Gde Eka Dirgayussa, M.Si. (Dosen IT Del) menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan ajang untuk aktualisasi diri sekaligus mengasah kemampuan akademik bagi para siswa. LCC akan menuntut peserta kompetisi tidak hanya mampu berpikir cerdas dan cepat dalam menjawab dan menyelesaikan persoalan serta permasalahan berkaitan dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga menuntut para siswa/i mampu dan teliti dalam mengambil suatu keputusan. Selain itu, kerjasama serta kekompakan tim juga akan diuji. Semakin terbiasa para siswa dalam beraktivitas kompetisi maka akan semakin tinggi kesempatan peserta didik kita untuk dapat belajar dari pengalaman berkompetisi secara sportif dan edukatif.

DSC07070 DSC06796