DSC05780

Pada Hari Kamis, 27 Juli 2023 Institut Teknologi Del menerima kunjungan dari Zhejiang University, Tiongkok. Zhejiang University merupakan salah satu universitas terbaik di Tiongkok dan termasuk dalam Top 100 terbaik universitas di dunia. Pada kunjungan ini, tim dari Zhejiang university diwakili oleh Prof. Yongping Yu (Director of China-Indonesia Joint Lab on Biotechnology), Ms. Huirong Yang (Deputy Party Secretary in Charge of Students Education), Prof. Hongbin Zhou (Associate Professor), Ms. Yanan Du (Director of Student Affairs Office), Ms. Xiao Xu (Vice Director of Administration office and International Program Coordinator) dan 4 mahasiswa. Kunjungan ini bertujuan untuk diskusi potensial kerjasama antara IT Del dan Zhejiang University dalam kegiatan pendidikan dan penelitian terkait tanaman obat khususnya dalam akselerasi pengembangan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) yang berada di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK), Pollung yang dikelola oleh IT Del. Tim dari Zhejiang University disambut baik oleh Institut Teknologi Del yang diwakili oleh Bapak Dr. Johannes Harungguan Sianipar, S.T., M.T. (Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IT Del), Bapak Humasak Tommy Argo Simanjuntak, ST, M.ISD (Wakil Rektor III Bidang Kemitraan, Inovasi dan Kewirausahaan) dan beberapa Dekan Fakultas serta Kaprodi  Institut Teknologi Del.

DSC05808  DSC05759

Prof. Yongping Yu dari Sekolah Ilmu Farmasi Zhejiang dan pemilik 50 paten (termasuk 4 amerika paten terkait obat dan API (Active Pharmaceutical ingredients) berharap kerjasama terkait penelitian tanaman obat dengan Institut Teknologi Del dapat direalisasikan dalam penyusunan proposal penelitian bersama. Oleh karena itu, 4 mahasiswa Zhejiang university (3 mahasiswa master dan 1 mahasiswa PhD) langsung melaksanakan magang di IT Del selama 1 bulan untuk mengidentifikasi dan mempelajari tanaman obat Toba yang potensial dikembangkan dan dikomersialisasi di industri. Beberapa tanaman endemik seperti andaliman, kemenyan juga akan menjadi objek penelitian yang akan dikaji selama masa magang.

WhatsApp Image 2023-08-02 at 18.49.27  WhatsApp Image 2023-08-02 at 18.49.27 (1)

Tim dari Zhejiang juga melakukan tour kampus melihat indahnya kampus IT Del yang berada di tepian Danau Toba dan beberapa laboratorium Program Studi Sarjana (S1) Teknik Bioproses, sebagai tempat untuk melaksanakan penelitian bagi mahasiswa zhejiang selama pelaksanaan magang. Selain itu, Tim dari Zhejiang juga mengunjungi Pusat Penelitian dan Inovasi IT Del yang berada di Pollung Humbang Hasundutan (TSTH2) dan akan melaksanakan kerjasama terkait penyelenggaraan joint lab penelitian antara ITDel (TSTH2) dengan Zhejiang university.

DSC05834  DSC05837

DSC05727  WhatsApp Image 2023-08-03 at 14.12.24

WhatsApp Image 2023-08-03 at 14.12.28