WhatsApp Image 2023-06-12 at 08.58.19

Pada Hari Sabtu 10 Juni 2023, Bapak Ir.Dwi Larso MSIE,Ph.D (Direktur LPDP) memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Institut Teknologi Del dan Siswa SMA Unggul Del dengan topik 5ME2045 (5 Million Entrepreneurs 2045) LPDP Business Competition. Dalam paparan, Beliau menjelaskan bahwa Kompetisi alumni LPDP yang memiliki usaha adalah 7% dari total alumni LPDP sehingga jumlah entrepreneur perlu ditingkatkan, sehingga dengan adanya program 5ME2045 diharapkan dapat menumbuhkan benih 5000 entrepreneur muda Indonesia yang berasal dari 1000 alumni LPDP, 2000 Mahasiswa/umum, dan 2000 Siswa SMA/SMK yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang dapat membangun ekosistem pabrik wirausaha.

Bapak Dwi Larso, menambahkan bahwa ada 2 kategori pada LPDP Business Competition 2023 yakni, LPDP Business Plan Competition (Untuk yang baru memulai usaha atau bisnis yang baru berjalan kurang dari 2 tahun) dan LPDP Business Growth Plan Competition (Kompetisi untuk para UMKM yang sudah berjalan selama minimal 2-5 tahun). Pada kesempatan ini, diharapkan kepada mahasiswa IT Del dan Siswa SMA Unggul Del dapat mengikuti program Kompetisi 5ME2045 ini.

IMG_9861 IMG_9877

Dalam kegiatan ini turut hadir Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, ST., M.InfoTech. (Rektor IT Del) yang juga membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan terimakasih atas terlaksananya kegiatan Kuliah Umum ini, kesempatan yang sangat baik sehingga dapat menambah wawasan Mahasiswa dan siswa. “Kami sangat bersyukur atas waktu dan informasi yang disampaikan oleh narasumber kita hari ini. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk anak-anak kami siswa dan mahasiswa bahkan untuk Bapak/Ibu dosen, staf dan guru. Kami sangat berterimakasih atas informasi yang bisa langsung kami terima terkait program-program yang luar biasa dari LPDP sore ini”. Ujar Beliau.

IMG_9848  IMG_9928

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari Bapak Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D., IPU. (SBM ITB) yang memaparkan tentang “Teknik Ide Bisnis dan Penyusunan Proposal Kompetisi Bisnis”. Dalam paparan, Beliau menjelaskan tentang Model GEM Fase Bisnis dan Karakteristik Kewirausahaan, Kewirausahaan yang Disiplin, Model Bisnis dimana Cara Kerja Model Bisnis adalah Organisasi secara efisien dan efektif mengembangkan dan memberikan proposisi nilai pelanggan dan masuk ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pelanggan target lebih baik dari pada pesaing semuanya untuk mencapai misi.

Setelah Paparan, kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi yang disambut aktif oleh siswa dan mahasiswa melalui pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan.

IMG_9924  IMG_9943

IMG_9957  IMG_9915