WhatsApp Image 2023-06-07 at 08.38.35

Pada tanggal 15 Mei 2023, Rektor Institut Teknologi Del, Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, ST, M.InfoTech bersama dengan Prof. Yohannes Surya, mengunjungi kampus Massachusetts Institute of Technology di Boston, USA. Kunjungan ini bertujuan untuk membicarakan kerjasama penelitian antara IT Del dan MIT Media Lab. MIT Media Lab adalah laboratorium interdisiplin yang dikhususkan untuk melaksanakan proyek konvergensi teknologi, multimedia, dan desain. Menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi IT Del dapat bekerjasama dengan lembaga terkemuka dan paling inovatif di dunia.

WhatsApp Image 2023-06-07 at 08.38.33  WhatsApp Image 2023-06-07 at 08.38.33 (1)

Pembicaraan kerjasama dilakukan bersama Professor Alex ‘Sandy’ Pentland, Media Lab Entrepreneurship Program Director dan penemu MIT Connection Science dan Thomas Hardjono, PhD, merupakan  CTO dari MIT Connection Science and Engineering dan Direktur MIT Trust Data Consortium. Pertemuan ini menyetujui kerjasama melalui MIT Connection Science Consortium. Consortium Agreement ditandatangani oleh Rektor IT Del dan Direktur MIT Trust Data Consortium, menandai keanggotaan IT Del dalam MIT Connection Science yang memberikan berbagai benefit seperti akses terhadap tools dan pengembangan teknologi di MIT Media Lab dan juga menerima keahlian MIT untuk mengintegrasikannya ke penelitian di IT Del.

connection-logo-3 (1)

Melalui kerjasama ini peneliti dan mahasiswa IT Del memperoleh kesempatan untuk bekerja bersama peneliti dan mahasiswa MIT dalam menangani/meneliti permasalahan masyarakat dan dunia, serta kesempatan untuk:

  • Akses ke peneliti kelas dunia di AI, Deep Tech, Keamanan
  • Akses ke skala besar “Live Tests” – misalnya kota, negara, di bawah payung MIT
  • Menerima akses awal ke versi alpha dan beta dari perangkat lunak yang dikembangkan di bawah Konsorsium
  • Dapatkan wawasan tentang area aplikasi untuk perangkat lunak yang dikembangkan Konsorsium
  • Berpartisipasi dalam diskusi kelompok pengguna dengan anggota Konsorsium lainnya
  • Menerima transfer pengetahuan tentang implementasi perangkat lunak yang dikembangkan Konsorsium MIT
  • Menerima transfer pengetahuan tentang implementasi perangkat lunak yang dikembangkan Konsorsium MIT
  • Menerima bantuan dengan penyebaran percontohan perangkat lunak yang dikembangkan Konsorsium (“testbed”)

WhatsApp Image 2023-06-07 at 08.38.39 (1)  WhatsApp Image 2023-06-07 at 08.38.40

Keuntungan ini tentu akan sangat berguna bagi IT Del dalam pengembangan institusi dan kapasitas risetnya. Sebagai implementasi dari penandatanganan ini telah dirancang sebuah proyek penelitian bersama IT Del dengan MIT Connection Science dengan topik “Carbon Tracking in Bali”. Semoga kerjasama dan riset bersama ini akan berlangsung dengan baik.

WhatsApp Image 2023-06-07 at 08.38.39  WhatsApp Image 2023-06-07 at 08.38.38