IMG_0212

Pada Hari Rabu, 17 Mei 2023 Institut Teknologi Del menerima Kunjungan dari Beijing Genomics Institute (BGI), China. Dalam Kunjungan ini turut hadir Dr. XIAO Minfeng (vice-Dean of BGI College), Dr. FANG Mingyan (Chief Scientist of BGI Research APAC), Ms CHANG Shiying (Chief Representitive of Indonesia, BGI Group), dan tim dari MGI dan BGI College. Kunjungan ini disambut oleh Bapak Dr. Johannes Harungguan Sianipar, S.T., M.T. (Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IT Del), Ibu Rosni Lumbantoruan, Ph.D. (Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya), Bapak Humasak Tommy Argo Simanjuntak, ST, M.ISD (Wakil Rektor III Bidang Kemitraan, Inovasi dan Kewirausahaan). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan nota kesepahaman yang telah dilakukan oleh BGI dengan IT Del pada tanggal 13 November 2022 di Bali.

Screenshot 2023-05-22 at 12.31.48

Pada kesempatan ini BGI memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiwa IT Del dengan Topik “Identifying Causative Genes and Enhancing the Understanding of Pathogenic Mechanisms in Inborn Errors of Immunity through Genomic and Immune Repertoire Studies” oleh DR. FANG, MINGYAN (Chief Scientist, BGI RESEARCH ASIA-PACIFIC). Tim dari BGI juga memaparkan program internships atau penelitian yang dapat dilakukan oleh mahasiswa IT Del selama satu tahun di pusat penelitian BGI di China dengan program beasiswa yang ditawarkan oleh BGI. Mahasiswa IT Del sangat tertarik dengan program ini, terbukti dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan pada saat sesi Tanya jawab.

IMG_0150  IMG_0159

Setelah kuliah umum, tim BGI dan tim IT Del melanjutkan diskusi lebih detail untuk program kelas inovasi di China, dimana mahasiswa IT Del, khususnya dalam bidang Informatika (Computer Science), Bioteknologi atau Bio Science, dan Bioinformatika, akan melakukan kegiatan penelitian pada lab-lab modern yang ada di BGI. Program kelas inovasi ini merupakan salah satu program yang termasuk dalam “BGI-University Joint Cultivation Program” dimana IT Del merupakan 2 dari Universitas di Indonesia yang terpilih (selain Universitas Indonesia) dan tergabung dengan universitas ternama lain seperti: National University of Singapore, The Hong Kong University of Science and Technology, Technical University of Denmark. Kelas Inovasi Penelitian di Lab BGI merupakan program potensial yang dapat mendukung pelaksanaan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, dimana mahasiswa melakukan kegiatan akademik di luar kampus selama 2 semester. Program kelas Inovasi BGI – IT Del akan berjalan pada semester Ganjil 2023/2024 untuk 10 mahasiswa IT Del yang terpilih.

IMG_0168  IMG_0188

Terimakasih BGI. OMICS FOR ALL

IMG_0204   IMG_0226

IMG_0217  IMG_0144

IMG_0122  IMG_0150