IMG_9228

Pada hari Senin 17 April 2023, Institut Teknologi Del (IT Del) menerima kunjungan dari Lembaga Pelatihan Pariwisata Mandiri Cipta Generasi (LPKL MCG), Toba Nature Indonesia dan Himpunan Pramuwisata Indonesa (HPI) Humbang Hasundutan di Gedung Rektorat IT Del.

Turut Hadir dalam pertemuan ini Rektor IT Del, Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, ST., M.InfoTech., Dekan Vokasi, Ibu Riyanthi Angrainy Sianturi, S.Sos., M.Ds., Ibu Mariana Simanjuntak, S.S., M.Sc, dan Humas IT Del, Istas Manalu, S.Si., M.Sc . LPKL MCG dihadiri oleh Debora S. Purba M.Sc sebagai Pimpinan LPKP MCG, Netty Manurung M. Par sebagai Kepala Divisi Perhotelan, Partic Lumbanraja  sebagai Kepala Divisi Kepemanduan, dan Hari Sitompul, S.Pd sebagai Kepala Divisi Ekonomi Kreatif. Toba Nature Indonesia dihadiri oleh Sebastian Hutabarat sebagai President Director, Sabar Napitupulu sebagai Operational Director, dan Siar Singarimbun sebagai Technical Director. Sementara itu dari HPI Humbang Hasundutan dihadiri oleh Jery Lumban Gaol dan jajarannya.

IMG_9219  IMG_9215

Pertemuan diawali dengan pemaparan ruang lingkup kerjasama yang mencakup Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Mayarakat (PKM) oleh Pimpinan LPKL MCG. Debora memaparkan skema kerjasama yang dapat dilaksanakan dalam jangka waktu 5 tahun kedepan antara lain knowledge sharing, pelatihan, program MBKM, Kerja Praktek, Rekrutmen serta kegiatan-kegiatan lain yang mendukung Tridharma Perguruan Tinggi.

Sementara itu Rektor IT Del mendukung penandatanganan MoU ini dan dapat dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) sesuai dengan butir-butir ruang lingkup pada Nota Kesepahaman. Rektor IT Del juga menambahkan  bahwa pada dasarnya IT Del mendukung kegiatan-kegiatan yang memberi dampak positif kepada masayarakat sekitar IT Del.

IMG_9230  IMG_9238

Setelah penandatangan MoU dengan LPKL MCG dilaksanakan, selanjutnya Jery Lumban Gaol memaparkan mengenai program penulisan buku dengan judul Super Tourism Humbang Hasundutan “LAND OF THE KING and AMAZING HIGHLAND SOUTHERN SIDE CALDERA TOBA”. Tujuan penulisan buku ini adalah untuk memperkenalkan pariwisata Humbang Hasundutan serta persebahan untuk 20th Kabupaten Humbang Hasundutan. Jery mengharapkan kerjasama dengan IT Del dalam hal penulisan buku, percetakan dan digitalisasi buku tersebut.

Pada kesempatan yang sama Rektor IT Del menyambut baik paparan HPI Humbang Hasundutan dan bersedia melibatkan civitas akademika dalam penulisan chapter buku.

Sementara itu Toba Nature Indonesia memaparkan rencana kerjasama terkait Electrical Vehicle (EV) yang diimplementasikan di Kabupaten Toba. Saat ini tim telah mengembangkan sepeda dan motor listrik di Balige dan sudah beroperasi. Pengembangan lain yang direncanakan adalah aplikasi monitoring yang memudahkan pengguna seperti stasiun charger, cable car dan lainnya. Dalam hal ini tim menyampaikan ingin bekerjasama dibidang riset and development, magang, knowledge sharing.

Rektor IT Del mengatakan bahwa sangat senang dan salut dengan inisiatif yang dilakukan, kami siap membantu apabila dilibatkan baik dari segi komunitas, implementasi di lapangan, penelitian pengembangan teknologi ataupun pariwisata yang sifatnya hilirisasi maupun inovasi.