DSC00075

Pada hari Kamis, 12 Januari 2023, National Development and Reform Comission (NDRC) Tiongkok melakukan kunjungan ke Institut Teknologi Del untuk menindaklanjuti kerjasama antara Indonesia dan Tiongkok. Kunjungan ini dihadiri oleh Wu Xiaofeng selaku Counsellor of the Chinese Mission to ASEAN, Huang Cheng selaku Head of Management Team of China-ASEAN Cooperation Fund dan Zhou Qiang selaku Second Secretary of the Chinese Mission to ASEAN.

DSC00068  DSC00071

Turut serta dalam kunjungan tersebut, Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Alam Kemenko Marves, Bapak M. Saleh Nugrahadi. Kunjungan tersebut disambut oleh Rektor IT DEL, Dr. Arnaldo Sinaga, S.T., M. InfoTech. dan Wakil Rektor bidang Kemitraan, Inovasi dan Kewirausahaan, Humasak Simajuntak, S.T., M.ISD.

DSC00093  DSC00088

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) dan NDRC telah menandatangani MoU Pembangunan Basis dan Inovasi Penelitian Perlindungan Tanaman Herbal Indonesia-Tiongkok dan akan mendorong percepatan kerja sama di bidang tanaman herbal antara Indonesia dan Tiongkok. Untuk secara aktif menanggapi inisiatif kerja sama kesehatan publik Tiongkok-ASEAN dan lebih lanjut mempromosikan kerja sama Tiongkok-ASEAN dalam bidang tanaman herbal, NDRC meluncurkan proyek “Kerja Sama Penelitian dan Inovasi Tanaman Herbal Tiongkok-ASEAN”, dan telah memperoleh dukungan ASEAN-China Cooperation Fund (ACCF) untuk “Program Kesiapsiagaan Darurat Kesehatan Masyarakat”. Proyek ini berencana untuk mengambil kerjasama inovatif dalam penelitian perlindungan tanaman herbal antara Indonesia dan Tiongkok sebagai inisiasi proyek, dan secara bertahap memperluas ke negara-negara ASEAN lainnya. Kunjungan kali ini dimulai dengan diskusi mengenai potensi kerjasama terkait riset tanaman herbal (joint research) dan program capacity building untuk para peneliti Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2). Kunjungan diakhiri dengan tur kampus Institut Teknologi Del.

DSC00151  DSC00156

DSC00171  DSC00188

DSC00131