IMG_8430

Pada tanggal 19-21 Oktober 2022 telah dilaksanakan konferensi internasional dengan tema “BOUNDARY FREE: PREPARING INDONESIA FOR METAVERSE SOCIETY”, kerjasama antara IT Del, STMIK Pelita Nusantara, Universitas Mikroskil dengan APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) Provinsi Sumatera Utara. Terlaksananya kegiatan konferensi ini didukung oleh Ditjen Diktiristek, HUAWEI, AirAsia, Telkomsel dan PT. Dayamega Pratama.

Kegiatan konferensi diawali dengan pemaparan laporan penerimaan karya ilmiah oleh Indra Tambunan, PhD, sebagai ketua pelaksana konferensi internasional ICoSNIKOM 2022. Total karya ilmiah yang telah lolos proses riview dan diterima untuk dipublikasikan adalah sejumlah 75 paper, yang berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, India, Peru, Amerika dan Uni Emirate Arab.

IMG_8336  IMG_4824

Dalam rangkaian acara kegiatan ini Jenderal TNI (Purn.) Luhut B. Pandjaitan, M.P.A. (Coordinating Ministry for Maritime and Investment Affairs, Republic of Indonesia) memberikan orasi secara online, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Metaverse dengan judul “HUAWEI Cloud: Charting a Metaverse Future Together” yang disampaikan oleh Randal Wang Feng (AI Solution Sales Head Huawei Cloud Indonesia). Selanjutnya orasi secara online juga diberikan oleh Prof. Dr. Putra Sumari, (Professor in the School of Computer Science at the University of Science, University Sains Malaysia) mengenai “Role of Artificial Intelligence in The Metaverse”, dilanjutkan dengan orasi dari Dr. Dedy Permadi (Minister’s Special Advisor for Digital Policy and Human Resources Development) dan Ronald Limoa (General Manager Network Architecture & Strategic Planning at Telkomsel).

Setelah kegiatan konferensi selesai, dilanjutkan dengan pemaparan mengenai penguatan pemahaman LAM INFOKOM untuk mendukung akreditasi program studi yang berada pada rumpun ilmu Informatika. Materi mengenai LAM INFOKOM ini disampaikan secara langsung oleh Ketua APTIKOM Pusat, Prof. Zaenal Arifin Hasibuan yang juga merupakan Ketua Majelis Akreditasi LAM INFOKOM. Kegiatan ini dihadiri oleh para ketua program studi dan dosen-dosen dari beberapa perguruan tinggi yang berada di Provinsi Sumatera Utara yang juga tergabung menjadi anggota APTIKOM.

IMG_4842  IMG_4901

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) APTIKOM Sumatera Utara yang dihadiri oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus dan jajarannya, Dalam kesempatan ini juga, dilakukan penjalinan kerjasama antara Kabupaten Toba dengan APTIKOM Provinsi Sumatera Utara melalui penandatanganan nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Toba dengan Ketua APTIKOM Provinsi Sumatera Utara, Dr. Poltak Sihombing yang diwakili oleh Sekretaris APTIKOM Provinsi Sumatera Utara, Dr. Muhammad Iqbal.

IMG_4948  IMG_8417

IMG_8352  IMG_8369

IMG_8105 IMG_8092

IMG_8412