C (1432)

Pada Hari Sabtu 15 Oktober 2022 Institut Teknologi Del melaksanakan Wisuda untuk 369 Mahasiswa Sarjana dan Diploma. Turut hadir Bapak Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D (Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia), Mr. Sung Yong Kim (Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia),  Bapak Jend. TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A (Ketua Pembina Yayasan Del), Ibu Intan Simanjuntak (Ketua Pengurus Yayasan Del), dan tamu undangan lainnya. Kegiatan Wisuda ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Yayasan Del dengan tema “Collaborative Innovation Towards Research Institute”.

A (2286)  B (1768)

Pada Wisuda tahun ini terdapat sebanyak 369 orang wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari 57 mahasiswa dari jurusan D3 Teknologi Informasi, 30 mahasiswa dari jurusan D3 Teknologi Komputer, 53 mahasiswa dari jurusan D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, 56 mahasiswa dari jurusan S1 Informatika, 54 mahasiswa dari jurusan S1 Sistem Informasi, 42 mahasiswa dari jurusan S1 Teknik Elektro, 59 mahasiswa dari jurusan S1 Manajemen Rekayasa, dan 18 mahasiswa dari jurusan S1 Teknik Bioproses.

A (1435)  A (1577)

Bapak Yasona Laoly dalam kesempatan ini memberikan Orasi Ilmiah tentang “Ekosistem Kekayaan Intelektual dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Beliau menyampaikan bahwa Di Era Globalisasi dan Digitalisasi peran intelektual menjadi sangat penting. Semakin banyak inovasi-inovasi disuatu negara maka semakin bangkit dan maju lah negara itu, karena kekayaan intelektual berbanding positif dengan kemajuan suatu negara. Beliau juga berpesan kepada wisudawan agar tetap menerapkan karakter 3M (MarTuhan, Marroha, Marbisuk) dimanapun berada dan keep learning, kalau gagal bangkit lagi. “kalian merupakan orang-orang beruntung yang dapat menikmati pendidikan yang baik karena IT Del is one of the best institution in our Country, dan alumni-alumni IT Del merupakan orang-orang muda yang tangguh dan cerdas dalam berinovasi dan berkreasi” Ujar Beliau.

B (3296)  A (1377)

Dalam sambutannya, Mr. Sung Yong Kim mengucapkan selamat kepada Orang tua wisudawan dan para wisudawan. “Anda semua disini mewakili keberhasilan dari Indonesia. Melihat keberagaman para mahasiswa yang ada di IT Del saya yakin bahwa para mahasiswa dan lulusan IT Del akan berperan penting dalam memajukan Indonesia, untuk itu berjuanglah karena banyak sekali hal-hal yang dapat kalian lakukan. Saya pikir banyak kemungkinan kemitraan yang bisa kita jalin dan saya paling tertarik untuk membangun kemitraan di bidang Bioteknologi” Ucap Beliau. Mr. Sung Yong Kim juga menjelaskan tentang hubungan Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat yang saling mendukung satu sama lain, bahwa Indonesia dan Amerika Serikat telah menjalin Kerjasama di bidang Sains, Pengetahuan, dan Penelitian. Disamping itu juga Pemerintah Amerika Serikat menjalin kerjasam dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia terkait pendeteksian kebakaran hutan. Selain itu, Pertukaran Pelajar dan Pertukaran budaya juga menjadi program baik yang dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat sehingga sekitar 10.000 warga Indonesia telah berpartisipasi dalam Pertukaran budaya yang didanai oleh Pemerintah Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat bahkan memiliki program yang memfasilitasi dunia Pendidikan yaitu Education USA untuk mendukung pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan Pendidikan di Amerika Serikat.

 A (1881)  A (1584)

Sebagai Pembina Yayasan Del yang sangat mendukung dunia Pendidikan, Bapak Luhut Pandjaitan selalu berpesan kepada mahasiswa IT Del untuk tetap rendah hati dan tidak menyimpan kebencian kepada orang lain. “Jika kita berbeda pendapat dengan orang lain itu biasa tetapi jangan pernah membawa kepada kebencian. Doa yang paling kuat itu adalah berbuat baik. Berbuat baiklah sesuai takaran yang bisa kau lakukan. Saya harap kalian bisa menjadi lulusan IT Del yang bisa berkembang kedepan, bermimpilah dengan bagus tetapi jangan sakiti dirimu dengan mimpimu dan jadilah dirimu sendiri!” pesan Beliau.

A (2232)  A (2427)

Pada kegiatan ini Bapak Arnaldo Sinaga melalui presentasinya berharap semoga lulusan IT Del merupakan lulusan berkarakter, kompeten dan berkualitas. Beliau menjelaskan bahwa 50.54% lulusan sudah diterima bekerja di Industri atau perusahaan melanjutkan study Wirausaha. Hingga saat ini tercatat bahwa IT Del sudah memiliki lulusan sebanyak 2.680 orang.

A (2536)  B (1863)