IMG_1504

Pada hari Rabu 20 Juli 2022, telah dilakukan peletakan batu pertama atas pendirian fasilitas pengolahan eceng gondok menjadi pupuk organik. Bapak Jend.TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, MPA (Mentri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI), Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, ST., M.InfoTech. (Rektor IT Del) dan Bapak Johan Muliawan (Direktur PT. Mayora Indah, Tbk.) hadir sebagai pihak yang meresmikan berdirinya mini pabrik pupuk organik pertama di kabupaten toba ini. “Tujuan didirikannya Pabrik pupuk ini adalah sebagai partisipasi dalam membersihkan Danau Toba dari enceng gondok, sekaligus sebagai penyedia pupuk organik yang dibutuhkan masyarakat”. Ujar Bapak Arnaldo Sinaga. Seperti yang diketahui Eceng gondok merupakan tanaman invasif yang berasal dari Amerika Selatan. Pertumbuhan eceng gondok yang sangat cepat kerap merusak estetika Kawasan wisata perairan, salah satunya Danau Toba.

IMG_1510  IMG_1523

Fasilitas pengolahan enceng gondok ini berdiri di area Institut Teknologi Del. Pendiriannya merupakan hasil dari Kerjasama antara IT Del (dalam hal ini Fakultas Bioteknologi) dan PT. Mayora Indah Tbk. Dalam sambutannya, Bapak Johan menyampaikan bahwa PT Mayora Indah berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk berpatisipasi dalam kelestarian ekosistem Danau Toba. PT Mayora Indah berkomitmen untuk menyukseskan program pembangunan fasilitas pengolahan eceng gondok menjadi pupuk organik bekerjasama Institut Teknologi Del. Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi laju pertumbuhan eceng gondok sehingga dapat meningkatkan kemajuan pariwisata Kawasan Danau Toba. Disisi lain kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi petani di sekitar Danau Toba melalui kemandirian dalam menyediakan pasokan pupuk.

IMG_1486  IMG_1473

Pembangunan fasilitas pengolahan eceng gondok ini diketuai oleh Bapak Dedy Anwar, ST., MT (Dosen Fakultas Bioteknologi IT Del). Fasilitas ini setiap harinya akan mengolah 1,2 ton eceng gondok atau ±430 ton/tahun dan akan menghasilkan 6000 liter/tahun pupuk cair dan 300 ton/tahun pupuk padat. Bapak Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan bahwa “kerjasama PT Mayora Indah, Tbk dengan IT Del dalam (penanganan) eceng gondok adalah hal yang bagus sekali, saya melihat dalam satu minggu pertumbuhannya dari 100 ton menjadi 200 ton, eceng gondok sangat cepat perkembangannya sehingga nanti dapat menutupi (permukaan) danau dan secara bersamaan kita kekurangan pupuk (untuk pertanian)”.

IMG_1444  IMG_1477

IMG_1538  IMG_1412

IMG_1565  IMG_1551

IMG_1421  IMG_1565