PENERIMAAN MAHASISWA BARU (9)

Sertifikat UTBK adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Del (IT Del), melalui sertifikat UTBK yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT). Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program Sertifikat UTBK IT Del dilakukan secara daring dengan membuka laman http://spmbapp.del.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar program Sertifikat UTBK adalah sebagai berikut:

A. Persyaratan Umum

  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di IT Del dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa IT Del apabila dinyatakan lulus seleksi untuk program Sertifikat UTBK;
  2. Siswa berasal dari jurusan yang tidak termasuk dalam kelompok Ilmu Sosial, Budaya atau Bahasa;
  3. Lulusan SMA atau SMK Teknik pada semua jurusan dengan tahun ijazah 2020, 2021, 2022;
  4. Usia maksimum 21 tahun per 31 Agustus 2022;
  5. Dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi, dari 8 program studi yang ada di IT Del yakni:
  • Fakultas Vokasi
  1. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (Sarjana Terapan)
  2. Teknologi Informasi (D3)
  3. Teknologi Komputer (D3)
  • Fakultas Informatika & Teknik Elektro [FITE], Program Studi:
  1. Informatika (S1)
  2. Teknik Elektro (S1)
  3. Sistem Informasi (S1)
  • Fakultas Teknologi Industri [FTI], Program Studi:
  1. Manajemen Rekayasa (S1)
  • Fakultas Bioteknologi [FB], Program Studi:
  1. Teknik Bioproses (S1)

B. Persyaratan Khusus Program Studi

  1. Program Studi S1 Teknik Elektro : *Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata dan SMA jurusan IPA/MIA atau SMK Teknik (Elektro, Elektronika, Listrik, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Pesawat Udara, Teknik Industri).
  2. Program Studi S1 Teknik Bioproses : *Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata SMA jurusan IPA/MIA dan SMK (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan, Mekanisasi Pertanian, Teknik Kimia).
  3. Program Studi Manajemen Rekayasa : SMA jurusan IPA/MIA dan SMK (Teknik Pertanian, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Furnitur dan Teknik Tekstil (.
  4. Program Studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, D3 Teknologi Informasi dan D3 Teknologi Komputer : SMA jurusan IPA/MIA atau SMK Teknik (Informatika, Komputer, Jaringan, Rekaya Perangkat Lunak).

Ket * : disampaikan pada saat daftar ulang daring

C. Kelengkapan Berkas Pendaftaran

1. Data yang harus dilengkapi pada formulir pendafataran baik daring maupun luring:

  • Memilih 3 maksimal 3 pilihan program studi;
  • Mengisi Data Pribadi, seperti
    • NIK
    • NISN
    • Nama Lengkap
    • Jenis Kelamin
    • Tempat/Tanggal Lahir
    • Agama
    • Alamat
    • Kode Pos
    • No Hp
    • Email
  • Mengisi Data Orang Tua, seperti
    • Nama Ayah dan Ibu kandung
    • Pekerjaan Ayah dan Ibu Kandung
    • Penghasilan Ayah dan Ibu Kandung
    • Alamat orang tua
    • Kode Pos
  • Mengisi Data Akademis, seperti
    • Sekolah
    • Jurusan
    • Nomor Peserta UTBK
    • Tanggal Ujian UTBK
    • Nilai UTBK
    • Unggah Sertifikat UTBK
    • Nilai Rapor Semester 6
  • Mengisi Data Kemampuan Bahasa Asing
  • Mengisi Data Pendidikan Ekstrakurikuler
  • Mengisi Pengalaman Organisasi
  • Mengisi tentang mendapatkan/mendengar informasi mengenai program penerimaan mahasiswa IT Del melalui apa?
  • Mengisi Jumlah minimum N untuk uang pembangunan sekali bayar
  • Mengunggah foto 3×4 untuk daring atau Menempelkan foto 3×4 untuk luring

D. Biaya Pendaftaran

Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 100.000 (Seratus Ribu Rupiah).

E. Prosedur Pendaftaran UTBK dapat dilihat pada gambar berikut

WhatsApp Image 2022-02-21 at 10.05.53

F. Prosedur Pendaftaran UTBK secara Daring dapat dilihat pada video berikut

https://youtu.be/jCTeDEB6m-Y

  • Pengisian Formulir Pendaftaran

https://youtu.be/ZePASHhSUMk

G. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta sebelum melakukan Tes Psikotes Daring

  1. Silahkan gabung ke Whatshapp Grup;
  2. Pastikan anda telah menerima kode dan link psikotes dari panitia PMB;
  3. Peserta dapat menggunakan PC/Laptop/Handphone saat mengikuti tes;
  4. Pastikan memiliki akses internet yang stabil saat melakukan tes karena jika terjadi masalah di dalam jaringan anda atau dengan sengaja anda melakukan refresh, maka pada bagian tes yang memiliki waktu tersebut akan dianggap selesai secara otomatis;
  5. PC/Laptop sudah terinstal Firefox minimal versi 74.0.1 atau Chrome minimal versi 80.0.3987.163;
  6. Anda tidak diperkenankan untuk melakukan Print Screen Soal Tes;
  7. Jika terjadi error, silahkan di refresh dan masukkan kembali kode yang ada untuk melanjutkan tes berikutnya;
  8. Anda tidak diperkenankan menekan/klik tanda BACK;
  9. Jika peserta belum mendapatkan kode dan link psikotes silahkan menghubungi panitia.
  10. Jika ada pertanyaan selama tes berlangsung silahkan hubungi nomor berikut: 081220057009

H. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta saat melakukan Tes Psikotes Daring

  1. Peserta silakan mengakses https://smileconsultingindonesia.com/test_cat_psi/m/index.php untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
  2. Masukkan kode ujian yang telah dikirimkan panitia;
  3. Selama ujian berlangsung anda diwajibkan untuk mengaktifkan kamera dan mikrofon pada link zoom yang akan dibagikan oleh panitia;
  4. Dilarang melakukan tindak kecurangan
  5. Tes ini terdapat 2 jenis tipe, yang dimana anda diminta mengerjakan dengan baik, cepat dan teliti.
  • Tipe 1 : Menggunakan Waktu (Terdapat “Bar” yang akan berjalan),
  • Tipe 2 : Tidak menggunakan waktu akan tetapi terdapat batas maksimal.
  1. Jenis Soal yang akan anda jalani adalah
  • Tes Berhitung : Memiliki waktu
  • Tes Memilih Jawaban :
    • Anda diminta memilih jawaban yakni pada bagian atas/bawah,
    • Anda langsung dapat klik jawabannya saja tanpa menghiraukan yang lain.

I. Hal-hal yang harus dipersiapkan peserta sebelum melakukan Daftar Ulang Daring

  1. Mempersiapkan scan Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
  2. Mempersiapkan scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
  3. Mempersiapkan scan Kartu Keluarga;
  4. Mempersiapkan scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;

Ket * : Mengingat situasi pandemi saat ini surat keterangan bisa disampaikan jika keadaan sudah kondusif. Apabila setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa terbukti buta warna maka calon mahasiswa bersedia mengundurkan diri.

J. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta saat melakukan Daftar Ulang Daring, bagi yang mendaftar secara luring akan disampaikan bersamaan pengumuman kelulusan

  1. Peserta silakan mengakses http://spmbapp.del.ac.id untuk melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
  2. Memasukkan username dan password saat melakukan pendaftaran (bukan username dan password saat tes akademik daring);
  3. Mengunduh Informasi tentang keasramaan;
  4. Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru Angkatan 2022;
  5. Mengunduh dan Mengunggah Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru Angkatan 2022;
  6. Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru Angkatan 2022*;
  7. Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru Angkatan 2022 (Jika diwakilkan kepada wali);
  8. Mengunggah Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
  9. Mengunggah Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
  10. Mengunggah Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
  11. Mengunggah Kartu Keluarga;
  12. Mengisi data ukuran Jas Almamater;
  13. Mengunduh Informasi Perlengkapan Mahasiswa Putra/i
  14. Mengunduh Informasi Beasiswa di Institut Teknologi Del;
  15. Mengunduh Informasi Spesifikasi Laptop;
  16. Mengunduh Informasi Cara Pembayaran Virtual Account

Ket * : Mengingat situasi pandemi saat ini surat keterangan bisa disampaikan jika keadaan sudah kondusif. Apabila setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa terbukti buta warna maka calon mahasiswa bersedia mengundurkan diri.

K. Prosedur Pendaftaran Ulang UTBK dapat dilihat pada gambar berikut

WhatsApp Image 2022-02-21 at 10.07.29

L. Prosedur Pendaftaran Ulang UTBK secara Daring dapat dilihat pada video berikut

https://youtu.be/Te8IZ1w5Yfc

M. Jadwal Pelaksanaan jalur Sertifikat UTBK  Tahun Akademik 2022/2023

 

Pendaftaran : 01-30 Juni 2022
Pengumuman hasil administrasi sertifikat UTBK : 06 Juli 2022
Tes Psikotes : 08 Juli 2022
Pengumuman kelulusan akhir : 20 Juli 2022
Daftar Ulang : 25-26 Juli 2022