dd

Pada tanggal 18 Maret 2021 Program Studi Sarjana Manajemen Rekayasa dan UPT Perpustakaan IT Del bekerja sama dengan menyelenggarakan Workshop Pelatihan Aplikasi Mendeley secara hybrid dari Laboratorium Desain Produk dan Inovasi Fakultas Teknologi Industri. Kegiataan ini dilakukan untuk memperkenalkan Mendeley, fungsi, fitur dan cara penggunaan, kepada mahasiswa dan seluruh peserta yang hadir. Dari pelatihan yang dilakukan peserta diarahkan dalam pemanfaatan aplikasi secara tepat dan benar. Tiurma Lumban Gaol, SP, M.P, Plh. Kepala Perpustakaan IT Del, selaku pembicara melakukan demontrasi penggunaan Mendeley secara langsung dari zoom dan diikuti oleh peserta workshop menggunakan PC atau laptop masing-masing.

Mendeley merupakan salah satu aplikasi yang membantu dalam penyisipan, penulisan dan pemformatan sitasi dari referensi sesuai dengan prosedur pengutipan dan sitasi yang benar secara otomatis. Aplikasi Mendeley akan sangat membantu mahasiswa terutama mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah seperti Laporan Kerja Praktek, Laporan Teknis dan Skripsi, di mana dengan ini akurasi penulisan sitasi sangat tinggi dan waktu penulisan dapat dipersingkat.

Kegiatan ini disambut baik didalam kampus maupun luar kampus, dapat dilihat dari peserta yang berasal dari berbagai universitas dan program studi. Workshop ini dihadiri seluruh mahasiswa Manajemen Rekayasa angkatan 2019 dan 2018, beberapa mahasiswa IT Del dari program studi lain dan 59 mahasiswa dari 19 universitas diluar IT Del serta beberapa dosen dan guru. Menanggapi pelatihan ini, Ulfadillah peserta dari Manajemen Rekayasa Institut Teknologi Batam dan Ignatius Togatorop dari Manajemen Rekayasa IT Del menyatakan workshop ini sangat bermanfaat dan membantu serta mengharapkan adanya workshop-workshop lain dari IT Del yang terbuka untuk umum atau Universitas lain seperti saat ini.

ew