IMG_6698

Pada tanggal 30-31 Maret 2022,  Duta Besar Taiwan untuk Indonesia, John Chen melakukan kunjungan lapangan ke Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2), Kec. Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Institut Teknologi Del bersama dengan delegasi-delegasi dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang didampingi oleh Asisten Deputi Pengelolaan DAS dan Konservasi Sumber Daya Alam dan Dr. Van Basten, Tenaga Pendukung Menteri Koordinator (Kementerian Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi dan Wakil Rektor Institut Teknologi Del Bidang Kemitraan, Inovasi, dan Kewirausahaan.

Dalam kunjungan hari pertama, rombongan melakukan site survey ke area TSTH2 untuk pemantauan kondisi lahan, progress pembangunan, dan keadaan hutan di sekitar kawasan. Pada agenda tersebut, Wakil Rektor Institut Teknologi Del Bidang Kemitraan, Inovasi, dan Kewirausahaan, Humasak Tommy Argo Simanjuntak, S.T., M.ISD, memaparkan terkait rencana pengembangan KHDTK Litbang Kehutanan IT Del dimana akan dilaksanakan budidaya seluas 8 Ha pada tahap pertama dengan komoditas jagung, bawang merah, bawang putih, dan kentang. Selain itu, Ketua Divisi penelitian KHDTK, Sion Elisabeth E. Haloho, S.farm., M.Sc. juga memaparkan terkait rencana penelitian yang akan dilaksanakan di TSTH2 yaitu produksi bibit unggul, penentuan genomik tanaman herbal dan hortikultura, pengembangan produk obat-obatan, minyak esensial, pupuk serta penyediaan jasa layanan uji laboratorium. Komoditas utama yang akan dikembangkan pada tahap awal penelitian adalah sereh wangi, andaliman, dan kemenyan. Setelah pemaparan, rombongan juga berkesempatan untuk melihat langsung proses penyadapan kemenyan dan melakukan diskusi singkat dengan Ketua Kelompok Tani Hutan Kemenyan pada area tersebut.

IMG_6779  IMG_6773

Pada hari kedua, dilakukan Rapat Koordinasi Rencana Investasi Taipei Economic and Trade Office (TETO) di TSTH2 yang diadakan di Institut Teknologi Del. Kegiatan dimulai dengan campus tour dimana Rektor IT Del menjelaskan terkait beberapa fakultas dan fasilitas yang dimiliki IT Del. Kemudian tim dari IT Del menyampaikan paparan terkait potensi-potensi kerjasama yaitu untuk penyediaan peralatan lab, penyediaan bibit untuk budidaya serta pelaksanaan joint research. Hal ini disambut baik oleh Duta Besar Taiwan untuk Indonesia yang menyampaikan bahwa salah satu bidang kerjasama yang dapat segera dilaksanakan adalah capacity building dimana mahasiswa/mahasiswi IT Del dapat melakukan studi lanjut ke Taiwan, terutama untuk kajian soil research serta dapat melaksanakan magang pada perusahaan-perusahaan terkait di Taiwan. Diharapkan melalui agenda kunjungan dan sesi diskusi ini, dapat menjadi peluang kerjasama dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Taiwan.

IMG_6800  IMG_6735

IMG_6836