LPS 1  CSWA 1

Engineer yang terampil dan tersertifikasi merupakan salah satu kebutuhan industri pada era Industri 4.0. Salah satu strategi perguruan tinggi dalam memenuhi kebutuhan tersebut adalah membekali lulusannya dengan keterampilan dan keahlian yang relevan. Strategi ini diwujudkan dalam bentuk Sertifikat Keahlian Pendamping Ijazah (SKPI) bagi calon lulusan. Sejak tahun 2018 Program Studi Manajemen Rekayasa telah konsisten melaksanakan kegiatan pelatihan untuk sertifikat keahlian. Pada tahun 2018 sampai dengan 2020 pelatihan sertifikat keahlian yang ditawarkan adalah Lean Production System. Pada tahun 2021 pelatihan sertifikat yang ditawarkan adalah Computer Aided Design SolidWorks.

LPS 2  CSWA 2

Pada tanggal 21 Februari – 16 Maret 2022, Program Studi S1 Manajemen Rekayasa kembali melaksanakan kegiatan Sertifikat Keahlian Pendamping Ijazah. Kegiatan ini ditujukan bagi calon lulusan Program Studi Manajemen Rekayasa tahun 2022 yang diikuti oleh 59 orang mahasiswa. Pada kegiatan kali ini ditawarkan dua jenis pelatihan sertifikasi, yaitu Lean Production System (LPS) dan Computer Aided Design SolidWorks (CAD-SW). Melalui pelatihan sertifikasi LPS calon lulusan mendapat keterampilan Just in Time, Kanban System, 5S, Kaizen serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sedangkan melalui pelatihan CAD-SW calon lulusan mendapat keterampilan mendesain produk dengan paket perangkat lunak berbasis additive manufacturing. Kedua keterampilan ini sangat dibutuhkan di dunia kerja khususnya di era Industri 4.0. Keterampilan LPS dibutuhkan di industri manufaktur apabila lulusan bekerja sebagai production engineer, supply chain engineer, production planner, atau inventory controller. Sedangkan keterampilan CAD-SW dibutuhkan apabila lulusan bekerja sebagai product designer, R&D engineer atau market engineer. Sebagai bekal tambahan untuk mahasiswa yang melaksanakan Tugas Akhir di bidang desain produk, diberikan pula kesempatan untuk mengikuti sertifikasi internasional Certified SolidWorks Associate (CSWA).

Sertif Internal  Sertif Eksternal

Kegiatan ini dilaksanakan di dua laboratorium mutakhir Fakultas Teknologi Industri IT DEL yaitu Laboratorium Astra Lean Production System dan Laboratorium Desain Produk dan Inovasi yang keduanya didukung oleh PT Astra Internasional. Kegiatan ini dipandu oleh dosen-dosen dan laboran-laboran Fakultas Teknologi Industri yang telah berpengalaman di dunia industri dan memiliki sertifikat-sertifikat keahlian di bidang yang relevan, yaitu Dr. Yosef Barita Sar Manik, S.T., M.Sc dan Benedikta Anna Haulian Siboro ST. M.Sc. (Dosen yang sudah berpengalaman 10 tahun sebagai engineer di perusahaan manufaktur kelas dunia), Hotma Sinaga, S.T dan Chrisdio Marbun, S.T. (Laboran pemegang sertifikasi Ahli K3 Umum dan Certified Solidworks Associate/ CSWA). Program Sertifikasi ini dilaksanakan dengan baik dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.