mm

Dalam rencana pengembangan Industri Nasional Indonesia 2015 – 2035, Indonesia menjadikan pengembangan kendaraan listrik beserta komponen utamanya sebagai prioritas pengembangan pada periode 2020 – 2035. Komponen utama yang akan dikembangkan seperti baterai dan sistem manajemen baterainya, motor listrik, dan inverternya. Pemerintah juga telah menetapkan peta jalan pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai melalui Permen No 27 Tahun 2020 tentang spesifikasi teknis serta peta jalan kendaraan listrik dan perhitungan tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN).

Sejalan dengan rencana pemerintah, IT Del ingin berpartisipasi dalam mempersiapkan tenaga kerja Nasional yang bisa terjun dalam pengembangan kendaraan listrik Nasional. Pada bulan Desember tahun lalu, IT Del bekerja sama dengan Nottingham University mendapatkan dana grant dari pengajuan proposal dalam Program Partnership Global Grant dari British Council United Kingdom tentang pembelajaran terintegrasi mengenai pengembangan kendaraan listrik. Proposal ini diinisiasi oleh Dekan Fakultas Informatika dan Teknik Elektro, Bapak Indra Hartarto Tambunan, Ph.D., Dr. Daniel Beneroso Vallejo dan Dr. Bagus Muljadi dari University of Nottingham, serta Dr. Sarinova Simanjuntak dari University of Portsmouth.

British Council UK bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada tanggal 17 Februari 2022 lalu, menyelenggarakan UK-Indonesia Education Partnerships Project Launch sebagai simbolis dimulainya proyek yang sudah disetujui mendapatkan dana hibah dari British Council. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Hugh Moffatt sebagai Country Director British Council untuk Indonesia dan Dr. Iwan Syahril dari Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Keterlibatan IT Del dalam aktivitas akademik pada level internasional diharapkan dapat mendorong luaran-luaran penelitian dan pengabdian yang semakin baik ke depan.

oio  kjk