WhatsApp Image 2021-12-23 at 17.12.33

Pada hari Kamis tanggal 23 Desember 2021, IT Del mengadakan Survei kepuasaan Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terhadap Pengembangan Aplikasi DiTenun. Kegiatan MBKM ini merupakan salah satu kegiatan Mahasiswa IT Del yang bekerjasama langsung dengan Industri (PT. Digital Tenun Nusantara) dalam pengembangan Aplikasi DiTenun khususnya kegiatan penelitian. Mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan Aplikasi ini ada tujuh orang mahasiswa yang berasal  dari dua Program studi yaitu S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi IT Del.

Sedikit mengulik tentang Aplikasi DiTenun, aplikasi ini digunakan untuk menghasilkan aneka ragam motif tenun Nusantara yang bisa digunakan oleh penenun sebagai kertas kerja untuk menghasilkan motif tenun baru sehingga dapat meningkatkan daya tarik bagi pembeli dan pengguna kain tenun Nusantara.

Maka dari itu, kami mengundang 32 pengrajin/penenun dari 4 kabupaten yakni, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir. Kegiatan ini berlangsung di Kampus Institut Teknologi Del, dimana Para Trainer dan penenun berkumpul di Kampus sedangkan Tim DiTenun yang sekaligus menjadi Narasumber pelaksanaan survey ini bergabung via zoom.

Dalam kegiatan survey ini kami mengarahkan penenun untuk menggunakan langsung Aplikasi DiTenun, Para penenun mempraktekkan secara langsung fitur-fitur baru yang ada pada webapp DiTenun agar mendapat feel tersendiri dalam menjalankan webapp DiTenun. Banyak hal yang dilakukan seperti, menghasilkan motif baru dengan mengenerate motif yang sudah ada, mendesign motif yang sudah ada menjadi motif yang lebih variatif, sampai pada membuat gambar kain ulos baru atau yang disebut kertas kerja oleh para penenun.

Kemudian para penenun memberikan penilaian terhadap kepuasan mereka menggunakan aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Mahasiswa IT Del yaitu dalam program MBKM. Kegiatan ini disambut antusias oleh penenun selain semangat membuat motif baru, mereka juga memberikan masukan-masukan yang nantinya akan dikembangkan dalam aplikasi ini.

Kegiatan ini didanai Sekretariat Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Tim pelaksana diketuai oleh, Humasak Tommy Argo Simanjuntak, S.T, M. ISD dengan anggota Dr. Arlinta Christy Barus S.T., M.InfoTech., Samuel Indra Gunawan Situmeang, S.Ti., M.Sc., Arie Satia Dharma, S.T, M.Kom., Surya Nainggolan, David Basa, Unedo Manalu, Deby Siburian, Sandra Siregar, Albert Manurung, Evelin Panjaitan yang merupakan dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sarjana Sistem Informasi dan Sarjana Informatika Institut Teknologi Del.

WhatsApp Image 2021-12-27 at 10.30.54