RDT 8

Pada Tanggal 20 Desember 2021, telah dilaksanakan acara  Focus Group Discussion (FGD) Terkait Asesmen Kesiapan Pelaksanaan Magang Terkait Pariwisata Kawasan Toba di Lingkungan Institut Teknologi Del tepatnya di Lokasi Hotel Hineni Tarutung. Acara tersebut diketuai oleh Bapak Niko Saripson P. Simamora, S.T., MAB selaku Dosen dalam Program Studi Sarjana Manajemen Rekayasa di Institut Teknologi Del serta Bapak Roy Deddy Hasiholan Lumban Tobing, S.T., M.ICT selaku Dosen dalam Program Studi Diploma Empat Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak.  Acara tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerjasama yang baik antara Institut Teknologi Del dengan Pemitra Pariwisata dalam Kawasan Tapanuli Utara.

Dalam acara Focus Group Discussion (FGD) tersebut terdapat 2 Pemateri yang memaparkan penjelasan mengenai Konsep Kesiapan Magang Mahasiswa Institut Teknologi Del dalam Pariwisata Kawasan Toba. Pemateri Pertama yaitu Roy Deddy Hasiholan Lumban Tobing, S.T., M.ICT selaku Dosen dalam Program Studi Diploma Empat Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak. Adapun Materi yang disampaikan oleh Beliau yaitu “Peranan IT Del Untuk Mendukung Program MBKM Pada Bidang Pariwisata”. Dalam penjelasan materi yang telah disampaikan oleh Beliau, maka diketahui bahwa adanya Konsep Pengembangan Kawasan Wisata yang terdiri atas 4 yaitu Atraksi, Service, Informasi dan Transportasi. Dengan demikian, terdapat Konsep pengembangan tersebut seperti: Mempertahankan kelestarian lingkungan, Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan, Menjamin kepuasan pengunjung serta Meningkatkan keterpaduan dan unity pembangunan masyarakat di sekitar kawasan dan zona pengembangannya.  Akan tetapi, terdapat beberapa permasalahan utama dalam sektor pariwisata yaitu Kurangnya Komitmen dari berbagai pihak terkait dengan pariwisata, Pengelolaan pariwisata belum dilaksanakan secara optimal serta Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mendukung pembangunan pariwisata di Kabupaten masih tergolong dalam relative rendah.

Pemateri kedua dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yaitu Marthin Satrya Pasaribu yang merupakan Product Engineer – GoTo Financial (GoPay). Selain itu, beliau juga alumni IT Del yang merupakan founder toko online Onan yang menjual berbagai produk kreatif khas Toba. Adapun Materi yang disampaikan oleh Beliau yaitu “Menggali Potensi Bisnis” . Berdasarkan Materi yang telah disampaikan oleh Beliau, maka terdapat beberapa cara dalam menggali potensi bisnis, jangan menutup mata terhadap perubahan, kesempatan, dan potensi kegagalan, memanfaatkan internet dan media elektronik, ikut seminar maupun workshop – relasi & wawasan informasi , ubah dan kembangkan mindset. Ada beberapa metode tradisional pengembangan produk/ide yaitu : perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, pemeliharaan. Pada iterative Scrum Process yaitu planning/prioritization, requirements, design/analysis, implementation/testing, review/retrospective.

Berdasarkan Acara Focus Group Discussion (FGD) yang telah dilaksanakan tersebut, maka peserta sangat menginginkan terlaksananya MBKM dalam Sektor Pariwisata tersebut dengan mengharapkan keinginan akan kebutuhan masyarakat pariwisata dapa di fasilitasi oleh mahasiswa Institut Teknologi Del.

RDT 9  RDT 7