WhatsApp Image 2021-12-16 at 14.10.46

PMDK adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Del (IT Del), melalui penelusuran minat, bakat, dan kemampuan calon mahasiswa. Pendaftaran PMDK dilakukan di sekolah masing-masing, melalui perwakilan/petugas yang ditetapkan oleh IT Del.

Seleksi PMDK mencakup beberapa komponen penilaian yaitu:

  1. Nilai Rapor
  2. Prestasi Akademik
  3. Surat Rekomendasi
  4. Prestasi Non Akademik

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar program USM adalah sebagai berikut:

A. Persyaratan Umum

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran PMDK 2022/2023.
  2. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau yang mewakili.
  3. Melampirkan scan rapor kelas X s.d XII sampai semester V.
  4. Melampirkan sertifikat/piagam penghargaan akademis dan non akademis (jika ada).
  5. Siswa berasal dari jurusan yang tidak termasuk dalam kelompok Ilmu sosial, Budaya atau Bahasa.
  6. Usia maksimum 21 tahun per 31 Agustus 2022;
  7. Memiliki Nilai Matematika, dan Fisika minimal 80.00, serta Bahasa Inggris minimal 70.00, pada setiap semester, ATAU ranking <=5 setiap semester, kecuali untuk jenjang DIV dan DIII, ranking <= 10.
  8. Dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi, dari 8 program studi yang ada di IT Del yakni :
  • Fakultas Vokasi [FV], Program Studi:
  1. Teknologi Informasi (D3)
  2. Teknologi Komputer (D3)
  3. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
  • Fakultas Informatika & Teknik Elektro [FITE], Program Studi:
  1. Informatika (S1)
  2. Teknik Elektro (S1)
  3. Sistem Informasi (S1)
  • Fakultas Teknologi Industri [FTI], Program Studi:
  1. Manajemen Rekayasa (S1)
  • Fakultas Bioteknologi [FB], Program Studi:
  1. Teknik Bioproses (S1)

B. Persyaratan Khusus Program Studi

  1. Program Studi S1 Teknik Elektro : *Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata dan SMA jurusan IPA/MIA atau SMK Teknik (Elektro, Elektronika, Listrik).
  2. Program Studi S1 Teknik Bioproses : *Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata dan SMA jurusan IPA/MIA.
  3. Program Studi Manajemen Rekayasa : Mata dan SMA jurusan IPA/MIA.
  4. Program Studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, D3 Teknologi Informasi dan D3 Teknologi Komputer : SMA jurusan IPA/MIA atau SMK Teknik (Informatika, Komputer).

Ket * : disampaikan pada saat daftar ulang daring

C. Kelengkapan Berkas Pendaftaran

1. Data yang harus dilengkapi pada formulir pendafataran daring:

  • Memilih 3 maksimal 3 pilihan program studi;
  • Mengisi Data Pribadi, seperti
    • NIK
    • NISN
    • Nama Lengkap
    • Jenis Kelamin
    • Tempat/Tanggal Lahir
    • Agama
    • Alamat
    • Kode Pos
    • No Hp
    • Email
  • Mengisi Data Orang Tua, seperti
    • Nama Ayah dan Ibu kandung
    • Pekerjaan Ayah dan Ibu Kandung
    • Penghasilan Ayah dan Ibu Kandung
    • Alamat orang tua
    • Kode Pos
  • Mengisi Data Akademis, seperti
    • Sekolah
    • Jurusan
    • Jumlah Pelajaran Semester 5
    • Jumlah Nilai Semester 5
  • Mengisi Data Kemampuan Bahasa Asing
  • Mengisi Data Pendidikan Ekstrakurikuler
  • Mengisi Pengalaman Organisasi
  • Mengisi tentang mendapatkan/mendengar informasi mengenai program penerimaan mahasiswa IT Del melalui apa?
  • Mengisi Jumlah minimum N untuk uang pembangunan sekali bayar
  • Mengunggah foto 3×4 untuk daring atau Menempelkan foto 3×4 untuk luring

D. Prosedur Pendaftaran PMDK dapat dilihat pada gambar berikut

WhatsApp Image 2021-12-16 at 16.35.03

 

E. Prosedur Pendaftaran PMDK secara Daring dapat dilihat pada video berikut

  • Pendaftaran Akun

F. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta sebelum melakukan Tes wawancara Daring

  1. Lulus seleksi administrasi berkas dan memiliki Kartu Ujian;
  2. Pastikan anda telah menerima username dan password dari panitia PMB;
  3. Mengunduh aplikasi ZOOM di Handphone para peserta;
  4. Untuk mendapatkan informasi secara cepat dari panitia PMB, silahkan bergabung ke WhatsApp Grup dengan mengirikan kartu ujian ke WhatsApp Panitia PMB 0822 7740 3596
  5. Pastikan menggunakan PC/Laptop dan tidak menggunakan smartphone saat mengikuti tes;
  6. PC/Laptop sudah terinstal Firefox minimal versi 74.0.1 atau Chrome minimal versi 80.0.3987.163;
  7. Pastikan memiliki akses internet yang stabil saat melakukan tes wawancara;
  8. Mengikuti simulasi tes wawancara pada waktu yang ditentukan oleh panitia PMB;
  9. Jika peserta belum mendapatkan usernama dan password silahkan menghubungi panitia.

G. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta saat melakukan Tes Wawancara Daring

  1. Peserta silakan mengakses http://ecourse.del.ac.id untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
  2. Masukkan username dan password yang telah dikirimkan panitia;
  3. Anda tidak diperkenankan untuk melakukan Print Screen;
  4. Selama wawancara berlangsung anda diwajibkan untuk mengaktifkan kamera dan mikrofon pada link zoom yang akan dibagikan oleh panitia;
  5. Selama wawancara berlangsung TIDAK BOLEH menggunakan bantuan orang lain. Jika anda melakukan kecurangan maka akan dianggap gagal dalam tes ini.

H. Aturan Pelaksanaan Tes Wawancara Daring

  1. Peserta Ujian yang terlambat login atau mengalami gangguan teknis tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
  2. Ketersediaan jaringan provider, koneksi jaringan yang lambat, kerusakan PC/Laptop yang dapat menyebabkan putusnya koneksi ketika wawancara berlangsung menjadi tanggung jawab peserta dan tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
  3. Pengadaan dan pengunaan software (browser) yang tidak sesuai sebagaimana yang telah di syaratkan sehingga menyebabkan terhambatnya pelaksanaan Tes Akademik menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya dan tidak diberikan perpanjangan waktu untuk wawancara;
  4. Peserta Tes yang lalai untuk melaksanakan wawancara pada jadwal yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri;
  5. Jika dijumpai kendala selama wawancara daring berlangsung dan dipandang perlu/mendesak, peserta dapat menghubungi panitia di 082277403596 (Bisa WhatsApp).

J. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta sebelum melakukan Tes Psikotes Daring

  1. Telah lulus dari tes akademik daring;
  2. Pastikan anda telah menerima kode dan link psikotes dari panitia PMB;
  3. Peserta dapat menggunakan PC/Laptop/Handphone saat mengikuti tes;
  4. Pastikan memiliki akses internet yang stabil saat melakukan tes karena jika terjadi masalah di dalam jaringan anda atau dengan sengaja anda melakukan refresh, maka pada bagian tes yang memiliki waktu tersebut akan dianggap selesai secara otomatis;
  5. PC/Laptop sudah terinstal Firefox minimal versi 74.0.1 atau Chrome minimal versi 80.0.3987.163;
  6. Anda tidak diperkenankan untuk melakukan Print Screen Soal Tes;
  7. Jika terjadi error, silahkan di refresh dan masukkan kembali kode yang ada untuk melanjutkan tes berikutnya;
  8. Anda tidak diperkenankan menekan/klik tanda BACK;
  9. Jika peserta belum mendapatkan kode dan link psikotes silahkan menghubungi panitia.
  10. Jika ada pertanyaan selama tes berlangsung silahkan hubungi nomor berikut: 081220057009

K. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta saat melakukan Tes Psikotes Daring

  1. Peserta silakan mengakses https://smileconsultingindonesia.com/test_cat_psi/m/index.php untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
  2. Masukkan kode ujian yang telah dikirimkan panitia;
  3. Selama ujian berlangsung anda diwajibkan untuk mengaktifkan kamera dan mikrofon pada link zoom yang akan dibagikan oleh panitia;
  4. Dilarang melakukan tindak kecurangan
  5. Tes ini terdapat 2 jenis tipe, yang dimana anda diminta mengerjakan dengan baik, cepat dan teliti.
  • Tipe 1 : Menggunakan Waktu (Terdapat “Bar” yang akan berjalan),
  • Tipe 2 : Tidak menggunakan waktu akan tetapi terdapat batas maksimal.
  1. Jenis Soal yang akan anda jalani adalah
  • Tes Berhitung : Memiliki waktu
  • Tes Memilih Jawaban :
    • Anda diminta memilih jawaban yakni pada bagian atas/bawah,
    • Anda langsung dapat klik jawabannya saja tanpa menghiraukan yang lain.

L. Hal-hal yang harus dipersiapkan peserta sebelum melakukan Daftar Ulang Daring

  1. Mempersiapkan scan Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
  2. Mempersiapkan scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
  3. Mempersiapkan scan Kartu Keluarga;
  4. Mempersiapkan scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;

Ket * : Mengingat situasi pandemi saat ini surat keterangan bisa disampaikan jika keadaan sudah kondusif. Apabila setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa terbukti buta warna maka calon mahasiswa bersedia mengundurkan diri.

M. Hal-hal yang harus diperhatikan peserta saat melakukan Daftar Ulang Daring, bagi yang mendaftar secara luring akan disampaikan bersamaan pengumuman kelulusan

  1. Peserta silakan mengakses http://spmbapp.del.ac.id untuk melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan;
  2. Memasukkan username dan password saat melakukan pendaftaran (bukan username dan password saat tes akademik daring);
  3. Mengunduh Informasi tentang keasramaan;
  4. Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Pendaftaran Mahasiswa Baru Angkatan 2022;
  5. Mengunduh dan Mengunggah Surat Fakta Integritas Mahasiswa Baru Angkatan 2022;
  6. Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru Angkatan 2022*;
  7. Mengunduh dan Mengunggah Surat Pernyataan Wali Mahasiswa Baru Angkatan 2022 (Jika diwakilkan kepada wali);
  8. Mengunggah Surat Keterangan Tidak Buta Warna* dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Bioproses atau Teknik Elektro;
  9. Mengunggah Ijazah/bukti tanda lulus SMA/SMK;
  10. Mengunggah Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir asli;
  11. Mengunggah Kartu Keluarga;
  12. Mengisi data ukuran Jas Almamater;
  13. Mengunduh Informasi Perlengkapan Mahasiswa Putra/i
  14. Mengunduh Informasi Beasiswa di Institut Teknologi Del;
  15. Mengunduh Informasi Spesifikasi Laptop;
  16. Mengunduh Informasi Cara Pembayaran Virtual Account

Ket * : Mengingat situasi pandemi saat ini surat keterangan bisa disampaikan jika keadaan sudah kondusif. Apabila setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa terbukti buta warna maka calon mahasiswa bersedia mengundurkan diri.

N. Prosedur Pendaftaran Ulang PMDK dapat dilihat pada gambar berikut

xx

O. Prosedur Pendaftaran Ulang PMDK secara Daring dapat dilihat pada video berikut

P.Jadwal Pelaksanaan Ujian PMDK Tahun Akademik 2022/2023

  1. Pendaftaran : 10 Desember 2021- 17 Januari 2022
  2. Pengumuman Administrasi : 20 Januari 2022
  3. Simulasi Tes Wawancara : 21 Januari 2022
  4. Tes Wawancara : 22 Januari 2022
  5. Pengumuman tes wawancara : 02 Februari 2022
  6. Tes Psikotes : 05 Februari 2022
  7. Pengumuman kelulusan akhir : 16 Februari 2022
  8. Daftar Ulang : 21-25 Februari 2022

(Tanggal-tanggal penting PMDK sewaktu-waktu dapat berubah)