FTI 3

Pada tanggal 13 Agustus 2021, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Del (FTI IT Del) melaksanakan kegiatan serah terima produk teknologi tepat guna di UMKM Taman Eden 100 Lumban Julu. Institut Teknologi Del bersama UMKM Taman Eden 100 telah menjalin kerja sama sejak empat tahun terakhir. Tahun ini, Institut Teknologi Del melalui Fakultas Teknologi Industri kembali melakukan pengabdian masyarakat untuk mendukung program UMKM Taman Eden 100 dengan menjadikan andaliman sebagai komoditi ekspor tahun 2022.

Adapun bentuk pengabdian masyarakat melalui dana hibah internal Institut Teknologi Del yang diberikan pihak FTI IT Del kepada UMKM Taman Eden 100 berupa layout rumah produksi produk turunan andaliman, Alat Pelindung Diri (APD) untuk pemanenan andaliman serta teknologi tepat guna untuk  penyimpanan andaliman dengan tujuan meningkatkan efektivitas lini produksi produk turunan andaliman, menjaga higienitas buah andaliman saat panen, melindungi tubuh pemanen saat proses panen, serta dapat menyimpan buah andaliman dengan jangka waktu yang cukup lama dengan keadaan segar sehingga dapat menstabilkan harga andaliman. Produk teknologi tepat guna ini merupakan hasil Tugas Akhir mahasiswa Manajemen Rekayasa yang dibimbing oleh Ibu Benedikta Siboro, M.Sc diantaranya El Isma Sihombing menghasilkan layout rumah produksi turunan andaliman, Novelina Samosir menghasilkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk pemanenan andaliman dan Natasya Tampubolon menghasilkan perancangan kotak tempat penyimpanan andaliman.

Produk diserahkan oleh Dekan FTI IT Del Bapak Dr.Yosef Barita Sar Manik, S.T, M.Sc, dan Ketua Tim Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Manajemen Rekayasa yaitu Ibu Benedikta Siboro,  M.Sc kepada Bapak Marandus Sirait selaku pemilik dan pengelola Taman Eden 100. Kaprodi Manajemen Rekayasa Bapak Christoper Sinaga, S.T., M.A.B dan dosen serta staf yang terlibat dalam tim pengabdian kepada masyarakat juga turut hadir dalam acara tersebut.

Melalui produk teknologi tepat guna ini, diharapkan UMKM Taman Eden 100 mampu mewujudkan program yang telah dirancang yaitu menjadikan andaliman sebagai komoditi ekspor di tahun 2022.

Pihak FTI IT Del juga berterimakasih kepada UMKM Taman Eden 100 karena sudah bersedia menjadi mitra dan memberikan kesempatan melakukan penelitian Tugas Akhir bagi mahasiswa Manajemen Rekayasa IT Del di UMKM tersebut.

FTI 5  FTI 6

FTI 1  FTI 4

FTI 7   FTI 2