WhatsApp Image 2021-07-30 at 12.04.23

Pada tanggal 26 Juli 2021 Rektor Institut Teknologi Del, Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech.,Ph.D.,IPU. bersama dengan President of Huawei Indonesia Cloud & AI Business Group, Jason Zhang mengadakan diskusi secara virtual mengenai rencana kerjasama pembentukan “Indonesia National AI Platform”. Rencana kerjasama ini berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk sektor layanan kesehatan, sistem pemerintahan, pendidikan, ketahanan pangan, dan pengembangan kota pintar (smart city).

Dalam paparannya, Bapak Deni Parlindungan Lumbantoruan , ST, M.Eng  menyampaikan konsep rencana pengembangan platform nasional untuk kecerdasan buatan yang dimulai dari menyediakan dan menyebarkan demo dengan prioritas di sektor maritim dan pertanian, menciptakan ekosistem untuk para mitra agar dapat menerapkan AI, dan memperluas penerapan AI di sektor kesehatan dan pemerintahan (e-government). Selain itu, Beliau juga menyampaikan peran IT Del yang dapat menyediakan kemampuan komputasi, bertanggung jawab untuk pencarian dan pengembangan sumber daya manusia, serta membangun demo aplikasi untuk pertanian pintar (smart agriculture).

Jason Zhang, President of Huawei Indonesia Cloud & AI Business Group, juga memaparkan terkait kesiapan Huawei untuk mengambil peran dalam rencana tersebut yang mencakup penyediaan perangkat keras, perangkat lunak, konsultasi, integrasi, pelatihan, penerapan, hingga kepada pemeliharaan. Program pengembangan “Indonesia National AI Platform” yang melibatkan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, BPPT, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kura Kura Bali, serta IT Del dan Huawei, diharapkan dapat menjadi percepatan pembentukan platform teknologi kecerdasan buatan di Indonesia.

WhatsApp Image 2021-07-30 at 11.58.56 (2)  WhatsApp Image 2021-07-30 at 11.58.56 (1)

WhatsApp Image 2021-07-30 at 11.58.56