IMG_7593

Pada hari Rabu, 14 Juli 2021 diadakan Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Toba di Auditorium Institut Teknologi Del. Kegiatan ini dihadiri oleh Guru-Guru Paud, TK, SD dan SMP Kabupaten Toba, Dosen Institut Teknologi Del yang menjadi Narasumber yaitu Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T, M.InfoTech, Ibu Riyanthi Angrainy Sianturi, S.Sos, M.Ds, Bapak Yohanssen Pratama, S.Si,M.T, Ibu Tiurma Lumban Gaol, SP,M.P, dan Ibu Monalisa Pasaribu, S.S, M.Ed (TESOL).
Pada Pelatihan ini, Narasumber memberikan penjelasan mulai dari Tata tulis karya Ilmiah, Motivasi menulis karya ilmiah, Penulisan abstrak pada karya ilmiah, Langkah-langkah penulisan karya ilmiah (pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar Pustaka) kemudian Cara memilih jurnal nasional bereputasi, Teknik sitasi dan penggunaan aplikasi Mendeley, Pencegahan plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah, Analisis statistika dengan Microsoft Excel, Aspek kebahasaan dalam menulis karya ilmiah dan Workshop penulisan jurnal Ilmiah. Dalam pelatihan ini, para peserta sangat aktif dan antusias untuk belajar menulis karya ilmiah.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Acara penutupan pada hari Kamis, 15 Juli 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Bosi Sianipar selaku Sekretaris Dinas Pendidikan, Bapak Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T, M.InfoTech selaku Wakil Rektor II IT Del, Bapak Joko Lumbantoruan, S.Pd selaku Ketua IGI Toba, dan Bapak Roy Siagian, M.Pd selaku ketua Program IGI Toba.
Dalam kesempatan ini, Bapak Joko Lumbantoruan berharap agar Pelatihan ini dapat meningkatkan mutu Pendidikan di Toba dan guru-guru yang ikut serta dalam pelatihan ini dapat menjadi pengulas di daerah kecamatan masing-masing. “Kami pengurus IGI Toba berharap agar Bapak/Ibu dapat menjadi tim pengulas di daerah kecamatan masing-masing dan kedepannya PTK ini bisa kita kreatifkan di sekolah untuk meningkatkan mutu Pendidikan” Ujar Beliau.
Bapak Roy Siagian dalam hal ini juga menyampaikan bahwa Guru-guru harus dapat menyesuaikan diri terhadap situasi saat ini agar Pendidikan khususnya di daerah Toba bisa lebih maju dengan Fasilitas yang ada.
Dalam sambutannya, Bapak Arnaldo Sinaga sangat menyambut baik kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan IGI di IT Del. Beliau berharap agar Pelatihan ini terus berkelanjutan tidak hanya formalitas agar guru-guru Daerah Toba dapat membantu peningkatan mutu Pendidikan.
Kegiatan ini ditutup oleh Bapak Bosi Sianipar selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Toba. Selama kegiatan berlangsung seluruh Panitia dan peserta mematuhi protokol Kesehatan.

IMG_7583  IMG_7437

IMG_7464  IMG_7414