Pada hari Rabu, 23 Juni 2021 bertempat di kampus IT Del, LPPM ITDel melaksanakan rapat koordinasi pelaporan perkembangan pekerjaan shallow Geothermal Dryer yang dihadiri oleh perwakilan IT Del yang terdiri atas Wakil Rektor III (Humasak Simanjuntak), Ketua LPPM (Albert Sagala) dan Ketua Tim Pelaksana (Indra Tambunan). Perwakilan dari PT Inalum Persero, Manager CSR PT Inalum Persero (Bapak Iqbal Sidabutar). Juga turut dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, yang dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Bupati (Sarlandy Hutabarat), Asisten II Perekonomian dan Pembangunan (Osmar Silalahi), Kabag Perekonomian Setdakab (Fajar Gultom), Staf Kabag Tapem (Jenni Sihombing) dan Direktur Utama Perusda Pertanian Taput (Jan Piter Lumbantoruan).

Tim pelaksana IT Del memaparkan kemajuan pembangunan Geothermal Dryer di Sipoholon seperti sejarah pelaksanaan proyek mulai dari pengajuan proposal kepada PT Inalum, perjanjian kerjasama antara LPPM IT Del dengan PT Inalum dan juga Perusda Pertanian Taput, pencarian lokasi yang menjadi tempat instalasi dryer, pembangunan awal hingga pembangunan lanjutan yang saat ini masih dengan dalam proses. Tim Peneliti juga menjelaskan beberapa kendala yang mengakibatkan pembangunan proyek tidak berjalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan pada perjanjian kerjasama.

Sepanjang tahun 2019 di lakukan pencarian sumber air panas yang dapat dipakai untuk dry geothermal. Beberapa kali dilakukan perpindahan tempat karena ada kendala yang ditemui di lapangan. Pada tahun 2020, pekerjaan sempat tertunda karena adanya pandemi, hal ini berdampak kepada kegiatan pembatasan gerak pada Tim Peneliti IT Del, Tim harus bekerja dari rumah dan pergerakan ke Kabupaten lain dibatasi. Pada tahun 2021, pelaksanaan kembali dilanjutkan dengan kajian, pembuatan beberapa prototipe ,dan pengujian prototipe baik di lab maupun di lapangan hingga dihasilkan rancangan akhir yang akan dibangun. Dijelaskan oleh Pak Indra Tambunan dan Pak Iqbal Sidabutar bahwa Inalum dan LPPM selalu rutin melakukan koordinasi terhadap kemajuan pekerjaan.

Pada kesempatan ini, Bapak Wakil Bupati berharap penyelesaian proyek sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan yakni 30 Oktober 2021 telah dilakukan serah terima proyek kepada Perusda Pertanian Taput. Senada dengan Wakil Bupati, Asisten II juga berharap agar laporan kemajuan pengerjaan dapat dikirimkan ke Pemkab Taput secara rutin, setiap bulan. Pada kesempatan tersebut, Ketua LPPM IT Del dan Manager CSR PT Inalum sepakat bahwa untuk selanjutnya kemajuan project juga akan dikirimkan kepada Pemkab. Hal ini tentu akan memudahkan pemonitoran kedepan sehingga pengerjaan dapat selesai tepat waktu. Inalum, IT Del dan Pemkab Taput menghimbau semua pihak ikut menjaga, mendukung dan mensukseskan program ini agar dapat bermanfaat untuk masyarakat.

WhatsApp Image 2021-06-24 at 14.31.51 (1) WhatsApp Image 2021-06-24 at 14.31.51 (2) WhatsApp Image 2021-06-24 at 14.31.51 (3) WhatsApp Image 2021-06-24 at 14.31.51 (4) WhatsApp Image 2021-06-24 at 14.31.51