Screen Shot 2021-04-28 at 15.28.10

Rabu, 21 April 2021 diadakan Webinar terkait Pengembangan Wikipedia Bahasa Batak secara Virtual.  Webinar ini dihadiri oleh Bapak Humasak Tommy Argo Simanjuntak, ST, M.ISD (Wakil Rektor III IT Del), Bapak Tahan Hino Juardi Sihombing, S.Pd.,M.AppLing (TESOL) (Sekretaris Direktorat Bidang Kemahasiswaan Institut Teknologi Del), Bapak Cahyo (Koordinator Kampanye dan Publikasi Wikimedia Indonesia) beserta tim, dan mahasiswa/i  Institut Teknologi Del. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penulisan artikel berbahasa batak.

Acara Webinar ini dibuka oleh Bapak Humasak Tommy Argo Simanjuntak, ST, M.ISD. “harapan saya, kita bisa berkontribusi aktif untuk mengisi konten dari Wikipedia Bahasa Batak. Mudah-mudahan acara ini bisa ditindaklanjuti untuk pembentukan komunitas dan melakukan workshop – workshop lain sehingga kita bisa mengimplementasikan hal-hal yang menjadi kerjasama kita” Ujar Beliau dalam sambutannya.

Bapak Tahan Sihombing juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa/i IT Del.“Untuk melestarikan budaya batak, ini bisa menjadi salah satu pola yang bisa kalian tunjukkan dalam melamar kerja ataupun mendaftar beasiswa. Saya harap nanti mahasiswa dapat aktif dalam pengembangan Wikipedia Bahasa batak ini” ujar Beliau.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Cahyo. Dalam paparannya Beliau menjelaskan tentang pengertian Wikipedia dan sifat-sifat Wikipedia. Bapak Cahyo menyampaikan tujuan dari pembuatan Wikipedia dalam Bahasa daerah yaitu untuk  membuat tradisi baru dalam bahasa daerah, yaitu membaca dan menulis di samping tradisi lisan. Beliau juga berharap agar rekan-rekan dari IT Del terlibat untuk mengembangkan Wikipedia bahasa batak.

 

Screen Shot 2021-04-28 at 15.28.32     Screen Shot 2021-04-28 at 15.28.48

Screen Shot 2021-04-28 at 17.02.56