IMG_6593

Jumat, 23 April 2021, Institut Teknologi Del menerima kunjungan dari Huawei Indonesia bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kunjungan ini dihadiri oleh Bapak Humasak Tommy Argo Simanjuntak, ST, M.ISD (Wakil Rektor III Institut Teknologi Del), Mr. Jacky Chen (CEO of Huawei Indonesia), Mr. Ken Qi  (Vice President Public Affairs and Communications Huawei Indonesia), Bapak Letjen (Purn) Hinsa Siburian (Kepala BSSN), Bapak Hokky Situngkir (Tenaga Ahli BSSN) beserta rombongan.

Kunjungan diawali dengan Tour Campus dan dilanjutkan dengan Acara diskusi keberlanjutan kerjasama antara tiga pihak di Audiotorium Institut Teknologi Del. Perkenalan IT Del disampaikan oleh Bapak Indra Hartarto Tambunan, S.T., Ph.D (Dekan Fakultas Informatika dan Teknik Elektro IT Del).  Mr. Jacky Chen mengapresisasi program-program kerja yang telah dilakukan bersama dengan IT Del. Adapun beberapa pengembangan program kerjasama kedepan :

  1. Program untuk masa depan : Huawei Indonesia akan mengirim mahasiswa terpilih dari IT Del ke Cina untuk meningkatkan pengetahuan dibidang informasi, komunikasi dan teknologi.
  2. Program pelatihan teknik : workshop yang menyediakan pelatihan bagi mahasiswa untuk berinovasi, menyelesaikan masalah dan menjadi wadah bertukar ide untuk pembangunan Indonesia.
  3. Program Train The Trainer (TTT): Program ini mencakup routing and switching/data communication, cloud computing, cloud service dan artificial intelligence.
    Beliau juga menekankan bahwa Huawei akan menciptakan 100.000 talenta digital terutama untuk teknologi masa depan, AI dan BIG Data.

Dalam mendukung program tersebut, Bapak Hokky Situngkir menyampaikan harapan beliau akan adanya keselarasan antara pemerintah, bidang akademik, sumber daya manusia dan industri. “Pemerintah memiliki program untuk sistem pemerintahan berbasis elektronik dan kami harap dari IT Del bisa mendukung pemerintah dalam hal itu, khususnya dibidang IT. Karena seperti yang saya lihat permasalahan teknologi itu tidak bisa diatasi oleh teknologi, tetapi oleh Sumber Daya Manusianya. Saya kira itu sangat klop antara kampus, pemerintah, SDM, dan industri ”. Ujar Bapak Hokky Situngkir.

Sebelum berkunjung ke IT Del, tanggal 22 April  Huawei Indonesia dan BSSN melakukan kunjungan ke kawasan Food Estate Kabupaten Humbang Hasundutan. Kunjungan tersebut didampingi langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan dan Rektor Institut Teknologi Del. Dalam kunjungan tersebut, didiskusikan potensi kerjasama antara IT Del, Huawei, dan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terkait pemanfaatan teknologi dalam pengembangan kawasan Food Estate baik dalam sektor pertanian maupun untuk pengolahan pasca panen.

IMG_6502         IMG_6494

 

IMG_6486

WhatsApp Image 2021-04-26 at 14.27.10
20210422183956_IMG_6456