2Pada 15 April 2021, UPT ESTEM IT Del bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Utara Cabang Kabupaten Karo, menyelenggarakan Webinar yang berjudul “Pembelajaran Berbasis STEM” kepada guru TK – SMA di Kabupaten Karo. Tujuan acara ini adalah untuk mensosialisasikan STEM secara umum yang nantinya diharapkan guru – guru dapat menerapkan metode pembelajaran STEM di sekolah masing – masing. Sosialisasi terdiri tiga sesi yang masing – masing berdurasi 20 menit. Sesi pertama dengan topik 21th Century Skills dibawakan oleh Bapak Indra H Tambunan, Ph.D, sesi kedua dengan topik STEM Skills oleh Bapak Dedy Anwar, M.T, dan sesi ketiga dengan topik Student Centered Learning (SCL) oleh Ibu Dr. Merry Meryam Martgrita, S.Si, M.Si. Turut serta Bapak Mario E Simare – mare memperkenalkan BEBRAS kepada partisipan.

Acara ini berlangsung melalui komunikasi platform online dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Cabang Kabupaten Karo, Bapak Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti, M.Pd., Kepala UPT Dinas Pendidikan Bapak Syahri Ginting, dan diikuti oleh 559 Orang Guru TK – SMA dari berbagai sekolah dan bidang studi. Link rekaman dan materi presentasi dapat dilihat pada link berikut : https://bit.ly/2OR8rBa dan Link YouTube: https://youtu.be/pXQRkPzKHIY

Setelah acara webinar dilaksanakan, UPT ESTEM IT Del akan melaksanakan Pelatihan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada sekolah – sekolah yang dipilih oleh tim UPT ESTEM IT Del. Luaran dari keseluruhan rangkaian kegiatan adalah Paper atau Jurnal Pendidikan mengenai Implementasi SCL pada berbagai bidang studi terutama pada bidang studi sains.

3 1