IMG_6291

Pada hari Jumat, 16 April 2021 telah dilaksanakan Focus Group Discussion ( FGD ) terkait Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dilaksanakan di Audiotorium Institut Teknologi Del. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D., IPU selaku Rektor Institut Teknologi Del dan Bapak Pahotan Sitorus selaku Sub Koordinator Pemberdayaan Kreativitas TIK dari  Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) beserta Staf, serta perwakilan dari dinas kominfo daerah-daerah sekitaran Danau Toba.

Kegiatan 1000 startup digital ini bertujuan untuk memberikan peluang Kewirausahaan berbasis teknologi digital ke seluruh penjuru nusantara. Selain itu, ada tiga misi yang akan dicapai dari kegiatan 1000 satrtup ini, yaitu mengembangkan talenta startup digital yang berkualitas, mendorong terciptanya solusi digital untuk permasalahan lokal, dan membangun ekosistem startup digital yang berkolaboratif dan inklusif.

Dalam kegiatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini Bapak Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D., IPU selaku Rektor Institut Teknologi Del memberikan pengarahan sekaligus pembukaan Focus Group Discussion. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan apresiasi dan kebahagiaan beliau atas suatu gagasan yang baik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) untuk memperkenalkan apa yang disebut dengan program 1000 startup digital khususnya pada Era Industri 4.0. Bapak Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D., IPU juga menyampaikan harapan beliau akan adanya peluang dari kegiatan startup digital ini. “ Dalam Diskusi Grup ini kami harapkan nanti akan ada peluang-peluang dari kegiatan startup ini, dan kami juga berharap agar kegiatan ini bisa disentralisasikan dimana perguruan tinggi daerah juga dapat bergerak “. Ujar beliau.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Pahotan Sitorus selaku Sub Koordinator Pemberdayaan Kreativitas TIK dari Kominfo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan maksud dari kegiatan startup digital ini yang merupakan program dari pemerintah untuk menciptakan 1000 perusahaan – perusahaan berbasis teknologi di seluruh Indonesia. Beliau juga menyampaikan harapan beliau kepada Kabupaten Toba untuk menggerakkan anak-anak dari Kabupaten Toba agar bisa bergerak di bidang komputer. “ Jadi, harapan kami kepada Kabupaten Toba untuk menggerakkan anak-anak kita supaya bisa bergerak dibidang komputer. Kami juga berharap kepada kita semua disini agar kita bisa mensosialisasikan manfaat dari coding ini untuk bisa menggerakkan 1000 startup supaya lebih maju kedepannya “. Ujar beliau.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam sesi diskusi ini dibahas mengenai rencana-rencana pengaplikasian 1000 startup digital ini mulai dari tantangan, kendala-kendala dan cara agar kegiatan 1000 startup digital ini dapat diaplikasikan khususnya di Kabupaten Toba.atihan ini seluruh tamu dan peserta pelatihan sudah melakukan protokol kesehatan.

Sebelum memulai kegiatan pembukaan pelatihan ini seluruh tamu dan peserta pelatihan sudah melakukan protokol kesehatan.

IMG_6252  IMG_6294

IMG_6261                         IMG_6244