“Jangan mengeluh tentang kemarin. Buatlah esok yang lebih baik dengan memanfaatkan hari ini.” (2)

“Jangan mengeluh tentang kemarin. Buatlah esok yang lebih baik dengan memanfaatkan hari ini.”Webometrics adalah sebuah pemeringkatan web universitas di dunia. The “Webometrics Ranking of World Universities” merupakan sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah. Motivasi dasar dari Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website sebagai media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri.

Indikator pemeringkatan web disini, tidak saja didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tapi yang lebih penting adalah kinerja global dan visibilitas dari universitas itu sendiri. Dengan kata lain fokus pemeringkatan sendiri terdapat pada ketersediaan aspek-aspek yang relevan yang terdapat di universitas, seperti halnya hasil-hasil penelitian atau karya ilmiah lainnya yang dilakukan oleh pengajar maupun mahasiswa yang diunggah ke dalam bentuk web.

Webometrics merilis daftar universitas terbaik di dunia. Lembaga pemeringkatan universitas ini menggunakan tiga indikator dalam menilai dan menentukan ranking universitas terbaik di dunia, yaitu visibility atau impact, tranparency atau openness, dan excellence.

Untuk Negara Indonesia, Institut Teknologi Del berada pada peringkat ke 155 dengan nilai setiap indikator: Impact = 7341, Openness = 4938, Excellence = 6683, Peringkat ke 6 PTN/PTS se-SUMUT dan Peringkat ke 4 PTS se-SUMUT.

sumber: http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20?page=1