5

Pada tanggal 15 Februari 2021 di Taman Eden 100 sudah dilakukan penyerahan mesin pencacah kemiri oleh Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Del kepada UMKM pengolah produk turunan andaliman. Mesin pencacah kemiri ini dirancang untuk membantu Taman Eden dalam menghasilkan produk Sik Arsik, dimana kemiri merupakan salah satu bahan pelengkap pada bumbu Sik Arsik.  Sik Arsik merupakan produk turunan andaliman yang dikembangkan oleh Program Studi Manajemen Rekayasa sejak tahun 2019. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan difersifikasi produk dari andaliman yang diproduksi Taman Eden. Rangkaian kegiatan ini sudah dipecah menjadi beberapa kegiatan seperti Tugas Akhir mahasiswa Prodi Manajemen Rekayasa, Penelitian Dosen, dan Pengabdian Masyarakat.

Penyerahan mesin pencacah kemiri ini dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri IT Del Bapak Dr.Yosef Barita Sar Manik, S.T, M.Sc, dan Dosen Fakultas Teknologi Industri IT Del, Ibu Benedikta Siboro kepada Bapak Marandus Sirait selaku pemilik dan pengelola Taman Eden 100. Kegiatan ini juga disaksikan oleh tim BRI Cabang Balige yang mendukung UMKM ini dalam penerapan sistem e-payment.

Melalui mesin pencacah kemiri ini, akan membantu Taman Eden dalam memproduksi produk Sik Arsik lebih efisiensi lagi. Hal ini dikarenakan dalam proses produksi produk Sik Arsik, pengolahan kemiri masih dilakukan secara manual dan membutuhkan banyak energi dan waktu. Namun dengan mesin ini, kemiri akan diolah lebih efisiensi sehingga mengoptimalkan penggunaan energi dan waktu produksi untuk Sik Arsik.

3 4 2 1