3

Pada tanggal 6 Maret 2021, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Del (FTI IT Del) melaksanakan kegiatan serah terima sertifikat izin produksi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) usaha dodol nanas di Desa Onan runggu I Kecamatan Sipahutar. Sertifikat diserahkan oleh Dekan FTI IT Del Bapak Dr.Yosef Barita Sar Manik, S.T, M.Sc kepada Kepala Desa Onan runggu I Kecamatan Sipahutar Bapak Gindo Simanjuntak dan pemilik usaha dodol nanas Sipahutar yaitu Ibu Raya murni Manurung.

PIRT ini adalah luaran dari serangkaian kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yg dimulai dari analisis rantai pasokan komoditas nanas di Kecamatan Sipahutar, riset pasar minat customer terhadap produk turunan nanas, pengembangan produk turunan yang didasarkan pada riset pasar, pengembangan proses produksi, hingga penentuan strategi bisnis. Kegiatan-kegiatan ini telah di-breakdown ke dalam 4 Tugas Akhir mahasiswa Prodi Manajemen Rekayasa sejak tahun 2019 hingga 2020. Dengan diperolehnya ijin edar PIRT dodol nanas Sipahutar ini maka usaha ini dapat ditingkatkan dan diperluas pemasarannya hingga ke berbagai daerah.

Dalam kegiatan ini, Kepala  Desa Onan runggu I berterimakasih kepada pihak IT Del atas kerjasamanya dalam memajukan usaha dodol nanas Sipahutar melalui izin produksi PIRT, dan diharapkan usaha ini dapat meningkatkan budidaya nanas di Sipahutar dan mengharapkan agar IT Del dapat terus terlibat dalam pengembangan UMKM yang mereka jalankan.

Pihak FTI IT Del juga berterimakasih kepada Kepala Desa Onan runggu I dan pemilik usaha dodol nanas Sipahutar dikarenakan sudah bersedia memberikan kesempatan melakukan penelitian Tugas Akhir bagi mahasiswa Manajemen Rekayasa IT Del di UMKM tersebut.

2 1

5 4