2

Pada tanggal 23 Februari 2021, telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Perpustakaan Nasional RI dengan Pemerintah Kabupaten Dairi, Pemerintah Kabupaten Toba serta 4 perguruan tinggi. Institut Teknologi Del (IT Del)  merupakan salah satu dari 4 perguruan tinggi yang melakukan kegiatan penandatanganan nota kesepahaman dengan Perpustakaan Nasional RI. Pada kegiatan dimaksud, IT Del diwakili oleh  Tiurma Lumban Gaol, S.P. M.P. (Kepala Perpustakaan IT Del) dan Osin Verawati Nainggolan, S.Sos (Pustakawan IT Del).

Lingkup  kerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI diantaranya yaitu pengembangan pustakawan, pengembangan dan pemanfaatan aplikasi otomasi, pengembangan dan perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data repository digital, Indonesia One Search (IOS), iPusnas, dan publikasi ilmiah serta pelaksanaan promosi perpustakaan dan pengembangan budaya baca.

Penandatanganan kerja sama dilakukan bersamaan dengan kegiatan talkshaw “Peningkatan Indeks Literasi di Kabupaten Dairi” yang diselenggarakan oleh Kabupaten Dairi. Pada presentasinya,  salah satu pembicara yaitu Bapak Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. (Kepala Perpustakaan Nasional RI) menyampaikan bahwa terdapat empat tingkatan literasi. Tingkat pertama adalah kemampuan mengumpulkan sumber-sumber bacaan. Tingkat selanjutnya adalah kemampuan memahami apa yang tersirat dari yang tersurat. Tingkat ketiga adalah kemampuan mengungkapkan ide atau gagasan baru, teori baru, dan kreativitas serta inovasi baru sehingga memiliki kemampuan menganalisis informasi dan menulis buku. Tingkat terakhir adalah kemampuan menciptakan barang atau jasa yang bermutu yang bisa dipakai dalam kompetisi global.

Kerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI diharapkan mampu meningkatkan peran IT Del dalam gerakan literasi informasi yang digagas oleh Perpustakaan Nasional RI sehingga indeks literasi masyarakat di kawasan Toba maupun tingkat nasional semakin meningkat. Selain itu, diharapkan kualitas pengelolaan perpustakaan dan kompetensi pustakawan dapat meningkat dengan adanya kerja sama dimaksud.

Salam literasi..!!

65 4 31