WhatsApp Image 2021-01-26 at 16.16.08 (2)

Indonesia tengah memasuki industri  4.0,  pada era yang baru ini dibutuhkan banyak tenaga kerja didunia digital. Sea group sebagai perusahaan internet terkemuka di Taiwan dan Asia Tenggara memberikan Sea Scholarship Indonesia sejak tahun 2018.

Sea group terdiri dari tiga anak perusahaan yaitu hiburan digital Garena, e-commerce Shopee, dan jasa keuangan digital SeaMoney. Sea group mempunya misi meningkatkan kualitas hidup konsumen termasuk UMKM dan pengembangan sumber daya manusia. Menurut Chairman of Sea in Indonesia, Pandu Patria Sjahrir mengatakan bahwa Sea mempunyai nilai-nilai untuk melayani, tetap rendah hati dan perlu memiliki nilai-nilai supaya talenta bukan menjadi layangan yang putus tetapi bisa terus beradaptasi dalam perubahan yang pesat.

Sea group memandang bahwa sumber daya manusia memerlukan hard skills dan soft skills, soft skills yang dimaksud seperti komunikasi, nilai-nilai dan karakter yang dapat beradaptasi dengan perubahan dan kami berharap talenta digital yang mendapatkan beasiswa ini dapat membuat Indonesia lebih maju sebagai warga negara yang baik mengembangkan aspek-aspek ekonomi digital.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Nizam menyampaikan bahwa dunia industri dan dunia perguruan tinggi adalah dua sisi mata uang yang saling melengkapi, bila keduanya dapat berjalan dengan beriringan maka akan memberikan kemajuan dalam pembangunan nasional disatu sisi industri membutuhkan SDM yang sesuai dengan kompetensinya dan di sisi lain perguruan tinggi mempersiapkan SDM kerjasama yang baik dengan mempersiapkan talenta sejak dini mengenal dunia industri memberikan kesempatan bagi perguruan tinggi untuk mempersiapkan SDM yang tidak terlalu lama dapat beradaptasi di dunia industri. Tujuan jangka panjang Sea Scholarship Indonesia adalah mempersiapkan talenta digital sebanyak 10 juta orang untuk 10 tahun kedepan melalui beasiswa dan mentorship.

Beasiswa ini diberikan sejak tahun 2018, dan pada tahun 2021 ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu menambah mitra perguruan tinggi dari 5 perguruan tinggi menjadi 6 perguruan tinggi yang awalnya adalah ITB, UI, IPB, UGM, Binus dan mitra terbaru adalah IT Del. Beasiswa ini cukup unik karena menyediakan bantuan finansial dan non finansial adalah program pengembangan dengan loka karya dan mentorship.

Syarat untuk beasiswa ini selain indeks prestasi yang baik juga mempunyai rekam jejak yang bagus, dan proses pemilihan beasiswa akan dilaksanakan dalam enam tahap, yaitu: Registrasi (26 Januari – 14 Maret 2021), Seleksi dokumen (15-19 Maret 2021), Ujian secara daring (24-26 Maret 2021), Tahap penilaian (29 Maret – 9 April 2021), Interview di kampus (12-23 April 2021), Tahap terakhir yaitu pengumuman yang akan dilaksanakan pada 30 April 2021.

Mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan beasiswa diminta untuk mempersiapkan diri dengan memperhatikan berkas administrasi yang diperlukan seperti CV dan essay rencana masa depan serta mempersiapkan sesi wawancara yang dapat menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut memiliki visi antusias dan motivasi yang tinggi, IT Del menyambut baik kerja sama ini dan mengapresiasi Sea group yang menunjukkan kepedulian pada masa pandemi dengan memberikan bantuan dan motivasi serta pembentukan karakter bagi generasi muda dibidang digital.

Rektor IT Del mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan hasil relasi yang baik dengan Chairman of Sea in Indonesia, Pandu Patria Sjahrir sebagai bentuk pengembangan talenta digital di luar pulau Jawa. IT Del sebagai pusat keunggulan di luar pulau Jawa melihat kemitraan ini sebagai titik awal untuk kerja sama yang lebih besar seperti merdeka belajar, kampus merdeka dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam konferensi pers peluncuran Sea Scholarship Indonesia 2021 secara virtual yang digelar, Selasa (26/1/2021) ini juga dilakukan penandatangan MoU dengan enam universitas partner yang disaksikan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, dan Sea group yang diwakili oleh Pandu Patria Sjahrir dan Hans Saleh.

WhatsApp Image 2021-01-27 at 15.50.29WhatsApp Image 2021-01-26 at 16.16.09 (1)

WhatsApp Image 2021-01-26 at 16.16.08 (1)

 

 

 

 

WhatsApp Image 2021-01-26 at 16.16.08

 

 

 

 

 

 

 

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai proses pemilihan, persyaratan dan benefit yang ditawarkan dapat dilihat di https://idscholarships.seagroup.com/