Sitoluama, 6 September 2019 Institut Teknologi Del menyelenggarakan Inagurasi mahasiswa baru. Dalam kesempatan ini IT Del mendapatkan kunjungan kehormatan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya turut hadir di Inagurasi mahasiswa baru IT Del. Kegiatan ini Turut dihadiri Bupati Tobasa Darwin Siagian, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyu,S.I.K, Direktur Badan Otorita Danau Toba (BODT) Arie Prasetyo, Ruhut Sitompul, Iskandar Sitompul, para pejabat Pemkab Tobasa bersama orang tua mahasiswa dan para undangan lainnya.

web

Direktur Pendidikan Adelina Manurung, S.Si., M.Sc. memaparkan jumlah mahasiswa baru yang mengikuti inagurasi sebanyak 377 mahasiswa. Dengan rincian DIII Teknologi Infomasi 57 mahasiswa, DIII Teknologi Komputer 27 mahasiswa, DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak 68 mahasiswa, S1 Manajemen Rekayasa 47 mahasiswa, S1 Sistem Informasi 62 orang, S1 Teknik Bioproses 16 mahasiswa, S1 Teknik Elektro 34 mahasiswa dan S1 Informatika 66 mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor IT Del Prof. Togar M Simatupang, M.Tech., P.hD. menyampaikan IT Del saat ini sudah menuju Pendidikan Industri 4.0 yang dimana terjadi pergeresan kebutuhan ketrampilan. Dan untuk mencapai hal tersebut maka perlu penerapan metode belajar agar dapat berhasil, handal dan berkarakter. Metode belajar di era Industri 4.0 adalah ketekunan, komitmen, pantang menyerah, perencanaan, pelaksanaan, perbaikan, penggunaan waktu, kesehatan, persahabatan (solidaritas). Selain itu beliau menyampaikan bahwa hari ini adalah ulang tahun IT Del ke-18.

Rektor IT Del turut menyampaikan bahwa Prestasi IT Del adalah
1. Peringkat 211 dari 2.141 Perguruan Tinggi Non-Vokasi versi Klasterisasi tahun 2019 Kemenristek Dikti.
2. IT Del juga mendapatkan 4 HAKI (Hak Cipta) dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI).
3. IT Del juga meraih juara 2 Dosen Berprestasi dari LLDIKTI Wilayah I yaitu Dr Arnaldo Sinaga.
4. Digitalisasi Tenun Nusantara (DTenun) mendapatkan Riset Inovatif Produktif (RISPRO)-LPDP
5. Juara 1 Perpustakaan di Sumatera Utara
6. Mahasiswa IT Del Elserida Quinta Nababan meraih Juara 3 PILMAPRES 2019 Tingkat Sarjana 4-5 April 2019 LLDIKTI Wilayah I
7. Mahasiswa IT Del Eko Priono Fikranta Simanjuntak meraih Juara 1 Kompetisi membuat Aplikasi DUIT pada Kompetisi Hackathon pada tanggal 4 Maret 2019 di KemenKeu Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Sumber Daya) selaku Pendiri dan Pembina IT Del menyampaikan dunia semakin cepat berubah akibat teknologi. Mau apa sekarang di era digital ini? apa mau jadi pelengkap penderita atau partisipasi perancang dan pelaksana pembangunan? “Kesempatan terbuka luas dan kalau tidak menangkap kesempatan, maka anda akan menangisi dirimu” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut turut menyampaikan perkembangan cloud big data, kita tidak bisa bayangkan 5G. ahli belum bisa membayangkan perubahan apa yang terjadi di Indonesia pada tahun 2020, 2021 bahkan di 2030 mendatang. “Indonesia pada tahun 2045 akan genap 100 tahun akan masuk 4 besar Ekonomi dunia. Ada di mana anda pada saat itu?” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut memberikan ilustrasi seseorang yang menguasai teknologi bernama Farid yang berumur 25 tahun datang meminta presentasi Aruna semacam Integrated Fisheries Commerce. Lima atau sepuluh tahun lagi mungkin akan jadi unicorn. Apakah ada Faris lain? Sekarang anda mempunyai kesempatan untuk belajar di IT Del, gunakan kesempatan ini untuk belajar dan bertanya kepada dosen-dosen yang ada di kampus. Harus ada juga tekad, mau bekerja keras, jujur, dan jangan takut akan latar belakang orang tuamu. Dan bagaimana berbagi kebahagiaan dengan orang lain, jangan hidup untuk diri sendiri.

Menko Luhut turut berpesan kepada para mahasiswa baru untuk jangan sombong, tidak perlu dendam atau kecewa dan harus bisa berbagi kesuksesan. Bagi orang tua, turut serta mendorong putra putrinya untuk belajar, disiplin. tujuan Institutsi bukan mencari keuntungan tetapi bagaimana mencari generasi muda dapat berkembang. Doakan anak-anak untuk disiplin, terbuka dan bekerja dengan hati. Menko LBP turut mengakan bahwa Big Data terbesar akan dimiliki oleh IT Del dan bisa memproses data dengan cepat. Semoga bisa terus dikembangkan untuk pembangunan, Ujar Menko Luhut mengakhiri.

Dilanjutkan Menteri Pariwisata Arief Yahya (AY) menyampaikan materi dalam sesi motivational speech dengan judul paparan Tourism 4.0, dalam materinya AY menyampaikan potensi sektor Pariwisata Indonesia sebagai andalan pembangunan Indonesia dan Kawasan Danau Toba yang telah menjadi Geopart Unesco. “Persaingan pariwisata sebenarnya tidak besar, masalahnya adalah kecepatan”. Siapa tercepat maka dialah pemenangnya. Dan saat ini kita patut bangga sebab termasuk cepat dengan pertumbuhan 12 persen. Sebut Arief.

Saat ini penghasilan devisa negara dari bidang Pariwisata sudah mengalahkan devisa dari migas, kata Kemenpar AY. Dlanjutkan, banyak perubahan saat ini seperti Travel Agent Online, walau tanpa memiliki armada dapat mengalahkan perusahaan transportasi raksasa yang ada. Digitalisasi sudah merambah dalam semua sendi-sendi manusia. Penghasilan perusahaan penerbangan Garuda saat ini sudah sangat jauh kalah di banding penghasilan aplikasi grab dan gojek. Guna mendukung pariwisata Danau Toba kelas dunia, Presiden telah mengintruksikan agar infrastruktur dan unitility (keperluan) dasar harus sudah selesai di tahun 2020. Presiden juga memberikan anggaran kurang lebih 2,1 triliun pada tahun 2019 dan 2020 untuk menuntaskan dan menyelesaikan semua fasilitas tersebut. “ujar Kemenpar AY mengakhiri”

Orasi Ilmiah disampaikan oleh Dr. Goodfried Panggabean dengan topik “Synthetic Arperture Radar (SAR) and its Application”. Dilanjutkan Orasi Ilmiah oleh CEO PT. Esri Indonesia Achmad Istamar, dan pemberian penghargaan untuk mahasiswa best performance dan teladan.

Pada sesi acara dilakukan Penandatanganan MoU IT Del dengan PT Dan Liris, PT Esri Indonesia, PT Pesona Scientific, PT Generali Indonesia, PT JNE disaksikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Sumber Daya) . Dilanjutkan Penandatanganan Prasasti peresmian Lab Bahasa antara PT PGN dan Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Sumber Daya). Diakhir acara sebagai bentuk apresiasi dari Pembina Yayasan Del Luhut Binsar Pandjaitan didampingi oleh Ibu Devi memberikan cenderamata berupa kain ulos, hasil rekayasa pengembangan teknologi IT Del mengedukasi para pengrajin Ulos serta pemberian Plakat.

b c e238a82f-1be3-44e0-aa9f-4798ea014806 0778170f-3d0e-457b-a5bf-76d4c98c0691 a h e d