Selama tahun 2019 ini, Program Studi Manajemen Rekayasa IT Del terlibat aktif dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tajuk “Pendampingan dan peningkatan kapasitas bagi UMKM melalui pengembangan produk turunan berbasis andaliman (Zantoxylum acanthopodium)”. Andaliman adalah tanaman endemik Kawasan Danau Toba yang selama ini hanya dikenal sebagai bumbu penyedap makanan tradisional Batak. Pesatnya pembangunan di kawasan Danau Toba yang disertai dengan perubahan fungsi lahan dikhawatirkan akan mengancam eksistensi tumbuhan andaliman yang selama ini tumbuh liar di hutan-hutan sekeliling Kawasan Danau Toba. Program Studi Manajemen Rekayasa IT Del memandang hal ini sebagai sebuah ancaman akan kelestarian tanaman andaliman.

web

Di sisi lain, pencanangan Kawasan Danau Toba sebagai satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional oleh pemerintah telah membuka peluang bagi industri penyokong pariwisata, seperti destinasi ekowisata dan bisnis pendukung pariwisata, produk-produk oleh-oleh khas daerah. Melihat peluang ini, Program Studi Manajemen Rekayasa IT Del menggandeng beberapa pelaku UMKM di Kawasan Danau Toba untuk merancang produk-produk turunan andaliman. Taman Eden 100 yang berlokasi di Kecamatan Lumban Julu yang dikelola oleh Marandus Sirait, seorang penerima Kalpataru 2005 yang memang telah menginisiasi pembudidayaan tanaman andaliman, digandeng menjadi mitra sebagai hub bagi masyarakat produsen andaliman.

Dalam PkM ini peranan yang dimainkan oleh Program Studi Manajemen Rekayasa IT Del adalah membantu munculnya inovasi-inovasi produk turunan andaliman, yang dilanjutkan dengan mendisain proses produksi, mendisain alat-alat bantu produksi dan model bisnisnya. Disamping itu, UMKM juga dibantu dalam mendisain spesifikasi produk yang diinginkan pasar serta mendaftarkan ijin edar dan dokumen legal lainnya. Lewat PkM ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat ekonomi sambil tetap menjaga keseimbangan ekologi melalui konservasi keanekaragaman hayati kawasan ini.

#PKM #MR #ManajemenRekayasa #Deltizen #ITDel #InstitutTeknologiDel

5 6 1 2 3 4