Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarat Institut Teknologi Del (LPPM IT Del) pada 25 -26 Juni 2019 menyelenggarakan “Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat” untuk Dosen dan Teaching Assistant di lingkungan IT Del. Seluruh Dosen dan Teaching Assistant IT Del diundang untuk mengikuti pelatihan ini di Auditorium IT Del.

web

Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. Ir. Bambang S.P Abednego. Menurut Bambang S.P Abednego, pelatihan ini diadakan karena banyaknya dosen baru dan belum banyak yang memahami tentang penulisan proposal untuk tingkat nasional. ”Harapannya 90% peserta pelatihan bisa menulis proposal dengan baik dan mendapatkan pendanaan untuk melakukan program pengabdian kepada masyarakat di tingkat nasional” ungkapnya.

Ir.Eko Nurmianto, M.Eng.Sc., DERT selaku pemateri menyampaikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah melakukan implementasi dan penyuluhan bukan melakukan penelitian. Oleh karena itu saat menyusun proposal jangan menyertakan kegiatan penelitian tetapi harus bisa memecahkan masalah di masyarakat. Penyusunan proposal harus dilandasi oleh latar belakang yang membahas persoalan yang terjadi di masyarakat dan menawarkan solusi yang berkelanjutan.

“Solusi yang ditawarkan juga harus sesuai dengan kebutuhan lokal dan melibatkan masyarakat dalam mewujudkan solusinya, sehingga hasilnya bisa terukur.” ungkapnya.

Penyusunan proposal yang baik juga perlu memperhatikan ketentuan penulisan, bahasa yang digunakan, perincian biaya yang sesuai, dan luaran yang baik. Kegiatan pelatihan ini diharapkan tidak hanya berdampak pada Tri Dharma dosen, namun juga menjadi pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar IT Del.

#LPPM #LPPMITDel #ITDel #InstitutTeknologiDel

4 3 2 1 6 5