Setelah sukses diselenggarakan pada tahun 2018, Startupfest  kembali hadir di kota Medan. Diadakan sejak tahun 2016, konferensi akbar untuk komunitas startup tersebut kini menjadi agenda tahunan di Medan. Fokusnya menyediakan akses dan kesempatan bagi pelaku usaha untuk menambah wawasan dan jaringan.

3

Startupfest 2019 sukses diselenggarakan pada tanggal 21-22 Juni 2019, bertempat di CoHive at Clapham Coworking Space.

*

Pagelaran tersebut  menghadirkan program-program seperti keynote dan panel session dengan pembicara seperti Front-End Engineer Canva Steven Sinatra, Managing Partner Kejora Ventures Andy Zain, Commissioner Startuplokal Nuniek Tirta Sari, CEO Urbanhire Benson Kawengian, Founder MauBelajarApa Jourdan Kamal, COO Bukalapak Willix Halim, Kevin Dharmawan dari Coffee Ventures, Aditya dari East Ventures dan lainnya.

Dosen Institut Teknologi Del, Ricardo Situmeang turut menjadi pembicara pada diskusi panel dengan topik Starting up in Medan ; Growing and Educating Market. Sedangkan narasumbernya adalah Eunice Budiharjo (Cerah.co), Dikent Jingga (Invita) dan Yosephine Sembiring (Pak Tani Digital).

Satu kelompok mahasiswa dari Teknik Elektro Institut Teknologi Del, yaitu Noel Austin Sinaga dan Echerio Galang Marpaung manjadi salah satu kontestan pada pitch deck dengan topik NOPLAST, startup yang memonetisasi sampah plastik menjadi biaya pendidikan bagi anak disekitar Danau Toba.

*

Seperti yang dikutip dari MedanReview,  berikut beberapa hal yang dapat dibagikan untuk pembaca saat mengikuti acara Festival Kewirausahaan Startupfest 2019 ini.

*

Memulai Startup Dengan Modal Kecil

Jourdan Kamal – founder maubelajarapa.com membagikan pengalamannya membangun platform @maubelajarapa dengan hanya 2 juta awalnya. Kami suka dengan prinsip “mulai startup dengan modal yang kecil”, gunakan strategy marketing “word of mouth” alias pertumbuhan yang organic dan pastikan melakukan riset pada produk dan target pasar sebelum memulai startup.

*

Investor Bukan Sekedar Sumber Dana

Andy Zain – founder Kejora Ventures – sudah pengalaman dalam memberikan pendanaan bagi beberapa startup Indonesia. Peran VC (Venture Capital) bukan saja hanya sebagai pemberi dana segar untuk startup, VC juga dapat berfungsi sebagai jembatan mendapatkan jaringan baru, sehingga satu startup dapat berkolaborasi dengan startup lainnya dan berkembang dengan lebih cepat.

*

Data itu PENTING

Willix Halim (COO Bukalapak) berbicara pentingnya data dalam menentukan berbagai kebijakan perusahaan, seperti penentuan strategy marketing dan pemilihan karyawan yang tepat. Menurut Willix, startup perlu membangun “traffic” terlebih dahulu, dengan demikian bisa mendapatkan data yang dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan.

*

Social Media Marketing

Sesi social media marketing ini cukup menarik, berbagai aspek penentuan strategi marketing sosial media didiskusikan dengan santai. Empat insan kreatif dunia periklanan : Okky Barus (Creative Director gmpcreative), Leonarce Tan (Co-founder Mana Aktiva), Albert Leonardo (founder Marketist) dan Jourdan Kamal (Co-founder maubelajarapa) sepakat, memperkenalkan produk / jasa melalui sosial media, pengiklan perlu memahami target pasar yang ingin dituju terlebih dahulu, dengan demikian dapat memutuskan ingin menggunakan platform yang tepat, apakah beriklan di facebook, instagram ataupun di platform lain.

Sebenarnya banyak hal yang tidak dapat di tuliskan secara detail di sini, terlalu banyak hal menarik, sehingga acara Startupfest ini menjadi salah satu iconic event yang ditunggu oleh warga medan. Sampai bertemu kembali di Startupfest 2020.

RCS 4 STARTUP FEST RCS STARTUPFEST 2

CLAPHAM_STARTUPFEST 2019_IG POST_SPEAKER TEMPLATE_new-12 Startupfest 2019-Main Poster