Pekerjaan rumah yang mendesak bagi Indonesia saat ini adalah menyiapkan generasi baru, generasi manusia Indonesia yang siap menghadapi persaingan global. Generasi baru yang dimaksud adalah generasi yang memiliki akhlak mulia, beriman teguh, kreatif dan inovatif, mempunyai semangat juang dan berpendidikan. Atau dengan motto yang selalu kita pakai di kampus ini yaitu marTuhan, marroha, marbisuk yang artinya berTuhan, berhati nurani, bijaksana.

Berdasarkan latar belakang ini, saya berinisiatif membangun sebuah Sekolah Politeknik (PoIiteknik Informatika Del) di tepi Danau Toba sejak tahun 2001. Sekolah ini dibangun di sebuah desa kecil, Sitoluama, Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, persis di tepi Danau Toba. Desa yang berjarak lebih dari 200 km dari kota Medan atau 10 km dari Balige, berpenduduk 200.000 jiwa dengan pendapatan per kapita Rp 1.000.000.

Bukan tanpa maksud sekolah ini dibangun di daerah terpencil. Visi saya tidak hanya untuk memberikan sumbangsih terbaik untuk memperkuat daya saing bangsa dalam bidang teknologi informasi, bioteknologi dan bisnis, tetapi juga untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Saya percaya bahwa pemerataan di bidang ekonomi dimulai dari pemerataan di bidang pendidikan.

Saya bersyukur bahwa dalam 14 tahun berjalan, dedikasi dan kerja keras seluruh civitas akademik membuahkan prestasi menggembirakan. Saat ini Politeknik Informatika Del (PI Del) telah dikembangkan secara kelembagaan dan berganti nama menjadi Institut Teknologi Del (IT Del). Sesuai dengan nama baru yang dipakai, kami telah memperluas cakupan bidang pendidikan di bidang bioteknologi dan bisnis. Fasilitas pendukung pun terus kami kembangkan, termasuk 10 Ha lahan yang telah disiapkan untuk menunjang pendidikan di bidang pertanian dan peternakan.

Dengan semangat yang terus diperbaharui, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademik IT Del dan masyarakat Indonesia yang memberikan kepercayaan kepada kampus ini. Menciptakan alumni yang berkualitas dan berkompeten bukan satu-satunya cita-cita kami. Yang paling penting bagi kami adalah tegaknya kepentingan nasional dalam persaingan global.

Saya berharap website ini merupakan pintu masuk ke dunia maya, menjadi media untuk menunjukkan eksistensi IT Del sekaligus menghubungkan kita dengan dunia luar.

 

Viva Institut Teknologi Del

 

Horas horas horas…!