IMG_4569_jpg

Riyanthi Angrainy Sianturi, S.Sos, M.Ds

Program Studi: Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Email: riyanthi@del.ac.id


LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

  • Institut Teknologi Bandung, Magister Desain, 2015
    Desain Komunikasi Visual, Desitination Branding
  • Universitas Sumatera Utara, Sarjana Komunikasi, 2010
    Komunikasi, Fotografi
  • Politeknik Informatika Del, Diploma Sistem Informasi, 2006
    Software Engineering, Web App

PENGAJARAN

  1. UI/UX Design
  2. Human-Computer Interaction
  3. Design Thinking
  4. Creativity & Innovation
  5. Technopreneurship

PENELITIAN DAN PUBLIKASI

  1. Desain Arsitektur Virtualisasi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Sampah Rumah Tangga pada Bank Sampah Berbasis Container Docker, https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/2405, Jurnal Sebatik
  2. Analysis and The Preliminary Design for Backend Technology of Disaster Management Information System, https://ieeexplore.ieee.org/document/10291181, 2023 IEEE International Conference on Data and Software Engineering (ICoDSE), 7-8 September 2023
  3. Development of Signer Portal for Digital Products by Using Iterative Model at PT RST, https://ieeexplore.ieee.org/document/10007002, 2022 Seventh International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 8-9 Desember 2022
  4. Development of Tourist Village Website to Increase Tourism in Lake Toba, https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/ijics/article/view/4043, The IJICS (International Journal of Informatics and Computer Science)
  5. Perancangan Pengujian Fungsional dan Non Fungsional Aplikasi SIAPPARA di Kabupaten Humbang Hasundutan, https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jicon/article/view/4706, J-Icon : Jurnal Komputer dan Informatika Universitas Nusa Cendana
  6. Perancangan Aplikasi “SIAPPARA” untuk Pelaporan Setoran Retribusi Pasar Kabupaten Humbang Hasundutan, https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jicon/article/view/5256, J-Icon : Jurnal Komputer dan Informatika Universitas Nusa Cendana
  7. Komersialisasi e-Marketplace Berbasis Lokal: Aplikasi Web tobazone.com Pengembangan e-Marketplace berbasis lokal untuk UMKM pariwisata di Kawasan Danau Toba.
  8. Literasi Media Digital Pada Komunitas Pariwisata di Kawasan Danau Toba, https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/76040, Jurnal Magister Pariwisata (JUMPA) Universitas Udayana
  9. Pengembangan Aplikasi Gamifikasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini
    Pengembangan aplikasi mobile untuk pendukung pembelajaran anak usia dini dengan gamifikasi.
  10. Penerapan User Experience Design dalam Pengembangan Aplikasi Mobile  Markopi, https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/2840, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Universitas Brawijaya
  11. Applying User Centered design to Mobile Application for Children, https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1175/1/012094, Journal of Physics: Conference Series
  12. Kajian Identitas Branding Samosir (Studi Kasus: Visit Samosir Year 2014),
    Kajian visual branding pariwisata kabupaten Samosir.
  13. Pelaksanaan Rencana Operasional Branding Samosir, https://ojs.unikom.ac.id/index.php/visualita/article/view/1085

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

  1. Kajian Quality Tourism Wilayah Sumatera
    Institut Teknologi Del dan Bank Indonesia Wilayah Sumatera, 2021
  2. Penyusunan Revisi RIPARKAB (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten) Kabupaten Pakpak Bharat
    Institut Teknologi Del & Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat, 2021
  3. Penyusunan Master Plan DED (Detail Engineering Design) Pembangunan Obyek Wisata Kabupaten Pakpak Bharat
    Institut Teknologi Del & Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat, 2021
  4. Pembangunan Website Geopark Kaldera Toba
    Institut Teknologi Del & Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba, 2021
    Pembagunan website berisi informasi terkait Kaldera Toba yang merupakan UNESCO Global Geoparks (UGGp) di Indonesia. Website ini dikelola oleh Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba bersama dengan tim Institut Teknologi Del. Produk website dapat diakses pada Website Geopark Kaldera Toba.
  5. Pembangunan Website Desa Wisata di Kawasan Danau Toba
    Institut Teknologi Del & Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, 2020 – 2021
    Pembangunan 19 website desa wisata di seluruh Kawasan Danau Toba. Kegiatan mencakup pengumpulan kebutuhan, pembangunan website, pengisian konten, pendampingan perwakilan desa wisata untuk pengelolaan dan maintenance website. Berita tentang pembangunan website desa wisata:
    Fasilitasi Wisatawan, Website Desa Wisata Danau Toba Segera di Launching
    Kemenparekraf gelar FGD Pengembangan Website Desa Wisata di Danau Toba
    Website Desa Wisata Rilis, IT Del Gelar Pelatihan Bagi Pelaku Wisata di Kawasan Danau Toba
  6. Sistem Informasi Pemungutan dan Penatausahaan Retribusi Pasar (SIAPPARA) di Kabupaten Humbang Hasundutan
    Institut Teknologi Del & Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri Kabupaten Humbang Hasundutan, 2020
    Pengembangan sistem informasi mencakup pemungutan retribusi pasar rakyat se-Kabupaten Humbang Hasundutan, pelaporan retribusi.
    Produk dapat diakses di: http://siappara.humbanghasundutankab.go.id
    Berita tentang SIAPPARA: Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Bekali Petugas Pasar Dengan Aplikasi Siappara
  7. Kajian Digitalisasi Pariwisata di Kawasan Danau Toba
    Yayasan Del & Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2019 – 2020
    Pemberdayaan Komunitas Masyarakat dalam Digitalisasi Pariwisata Kawasan Danau Toba. Kegiatan yang dilaksanakan, yaitu: Melakukan investarisasi dan identifikasi potensi sumberdaya wisata Kawasan Danau Toba; Pembuatan database potensi sumberdaya wisata Toba; Melakukan pendampingan terhadap masyarakat lokal, untuk meningkatkan kesiapan pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat; Digitalisasi data kepariwisataan dan promosi wisata Kawasan Danau Toba; Bekerjasama dengan pemerintah daerah (Dinas Pariwisata) sehingga program yang dilaksanakan tetap selaras dengan kebijakan pemerintah daerah.
  8. Aplikasi Mobile Markopi
    Institut Teknologi Del, 2018
    Aplikasi mobile Android untuk budidaya kopi bagi petani. Tersedia di Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.markopi.markopi_mobile

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. Sistem Retribusi Elektronik Pasar Daerah
    Hak Cipta: Program Komputer
  2. E-Commerce Tobazone
    Hak Cipta: Program Komputer

PENGALAMAN PENDUKUNG

  1. Huawei Summer Camp 2023 (China)
    25 Juni – 25 Juli 2023
    Short course topik Leadership, Huawei’s Growth, Cloud Computing, ICT Network, Cybersecurity, 5G Network, and Artificial Intelligence di 4 kota  headquarter Huawei di China: Shenzhen, Guiyang, Hangzhou, Beijing.
  2. Reviewer Nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
    2019 – sekarang

    Tim penilai pengajuan proposal PKM mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk kategori PKM 5 bidang dan PKM Karya Tulis.
    Ketua Pelaksana program kreativitas mahasiswa di Institut Teknologi Del.
    Dosen pendamping mahasiswa penerima hibah PKM.
  3. Fasilitator 1000 Startup Digital Kominfo untuk Area Medan
    2020
    Memfasilitasi para peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada fase Hacksprint. Fasilitator memandu jalannya kegiatan design sprint.
  4. Reviewer Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK)
    2020
    Tim penilai babak penyisihan untuk kompetisi pada kategori Kompetisi Perencanaan Bisnis Dengan Aspek SDG (Sustainable Development Goals).

PENGALAMAN KERJA

  1. Institut Teknologi Del (IT Del)
    • Dekan Fakultas Vokasi IT Del, November 2021 – sekarang
    • Kepala Divisi Inovasi dan Kewirausahaan IT Del, Juli 2020 – sekarang
    • Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IT Del, 2017 – Februari 2021
    • Dosen bidang UI/UX, Human-Computer Interaction, Technopreneurship, 2011 – sekarang. Bidang keahlian pada keilmuan human-computer interaction, pengembangan wirausaha, pemecahan masalah dengan design thinking dan penerapan user experience design.
  2. USAID Decentralized Basic Education 1, Junior Data & Information Specialist, 2008 – 2010
    • Bekerja dengan international non-governmental organization dalam proyek Decentralized Basic Education 1 (DBE1).
    • Bertanggungjawab dalam pengelolaan data di area provinsi Sumatera Utara, menyelenggarakan pelatihan dalam penggunaan aplikasi yang dikembangkan DBE1.
  3. Malteser International, Junior Programmer & Trainer, 2006 – 2008
    • Bekerja dengan international non-governmental organization dalam mengembangkan Sistem Informasi Puskesmas di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
    • Melatih staf dan dokter di Banda Aceh, Aceh Besar, Bireun, Aceh Utara, Lhokseumawe, Langsa and Aceh Tamiang dalam penggunaan Sistem Informasi Puskesmas.

SERTIFIKASI KOMPETENSI

Agile Scrum Foundation
2021 | The basics of Agile principles and Scrum methodology
Penyelenggara: EXIN


PENGHARGAAN

Dosen Berprestasi Institut Teknologi Del

  • 2023 | Prestasi pada pelaksanaan tridarma: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • 2021 | Prestasi pada pelaksanaan tridarma.